Kreator YouTube Kini Bisa Ajukan Banding Sebelum Saluran Ditangguhkan

JAKARTA – YouTube mengubah cara kerja banding bagi channel atau saluran yang akan ditangguhkan dari Program Partner YouTube (YPP). Perubahan ini akan mempermudah kreator dalam mengajukan banding.

Sebelumnya, seluruh kreator dapat mengajukan banding setelah saluran mereka ditangguhkan dari YPP. Namun, mulai Rabu, 31 Juli lalu, seluruh kreator bisa mengajukan banding sebelum saluran mereka ditangguhkan oleh YouTube.

"Kami akan mengizinkan kreator untuk mengajukan banding atas penangguhan YPP terkait pelanggaran kebijakan tertentu sebelum penangguhan tersebut berlaku," kata Rob, karyawan Google di Tim YouTube, melalui halaman Bantuan.

Rob menambahkan bahwa perubahan kebijakan ini dapat memberikan informasi tambahan kepada tim Kepercayaan dan Keamanan YouTube untuk mempertimbangkan penangguhan saluran. Kebijakan baru ini juga akan menghindari kreator dari gangguan monetisasi.

Saat kreator mendapatkan peringatan bahwa saluran mereka akan ditangguhkan, mereka akan mendapatkan waktu tujuh hari untuk mengajukan banding sebelum penangguhan dilakukan. Batas waktu periode banding bisa dilihat di Earn Hub melalui YouTube Studio.

Jika banding sudah diajukan, tim Kepercayaan dan Keamanan YouTube akan meninjau laporannya tanpa batas waktu. Saluran pengguna tidak akan ditangguhkan selama YouTube belum mengumumkan apakah mereka akan menerima atau menolak banding.

Rob menjelaskan bahwa kebijakan ini masih diberlakukan secara bertahap. "Ini tidak akan tersedia untuk semua penangguhan pada awalnya, tetapi kami berharap dapat memperluasnya seiring berjalannya waktu."