Cara Mengaktifkan Kembali Akun Twitter yang Ditangguhkan, Ternyata Mudah dan Nggak Ribet
Ilustrasi Mengembalikan akun Twiiter yang ditangguhkan (Unsplash/@freestocks)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pengguna twitter yang mengalami penangguhan akun atau akun mereka ditangguhkan oleh pihak Twitter. Akun yang ditangguhkan otomatis tidak bisa diakses oleh penggunanya. Lalu adakah cara mengaktifkan akun twitter yang ditangguhkan?

Pihak Twitter melakukan penangguhan akun karena akun tersebut dinilai telah melakukan aktivitas yang melanggar kebijakan Twitter, seperti aktivitas spam, tweet bersifat melecehkan dan menghina, dan keamanan akun terancam. Namun akun yang ditangguhkan tersebut belum sepenuhnya hilang. Pemilik akun masih bisa mengaktifkan kembali akun yang ditangguhkan tersebut, dengan memenuhi beberapa persyaratan.

Masalah ini tentu saja sangat mengganggu user atau pemilik akun yang ditangguhkan. Saat akun ditangguhkan, user tidak bisa mengakses akunnya untuk beraktivitas di media sosial Twitter. Terkadang user ini juga tidak tahu penyebab akunnya ditangguhkan.

Lalu bagaimana cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan atau kena suspend? Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Twitter yang Ditangguhkan

Jika akun Twitter anda ditangguhkan, jangan langsung cemas dan kesal. Anda masih bisa mengembalikan akun yang kena suspend tersebut. Jika anda tidak terima dengan keputusan penangguhan tersebut, silakan mengajukan pembatalan penangguhan.

Berikut panduan mengaktifkan kembali akun Twitter yang ditangguhkan, dilansir dari laman resmi Twitter. 

Aktifkan Kembali Akun yang Ditangguhkan

Langkah pengembalian akun sangat mudah, anda hanya perlu login ke akun Twitter anda. Masukkan username dan password akun anda. Lalu anda akan diminta mengisikan nomor telepon atau alamat email konfirmasi. Saat proses login ini, nanti anda akan mendapat notifikasi untuk membatalkan penangguhan. 

Selanjutnya silakan mengikuti petunjuk yang muncul di layar anda. Ikutilah setiap petunjuk dan arahan yang diminta sampai selesai untuk kembali mengaktifkan akun anda yang ditangguhkan.

Verifikasi Akun yang Dikunci

Akun anda bisa dibatasi atau dinonaktifkan sementara oleh Twitter jika anda dinilai melakukan spam atau penghinaan. Untuk membuka kembali akun anda yang dibatasi, langkahnya sangat sederhana. 

Pertama, anda perlu meverifikasi bahwa anda adalah pemilik sah akun tersebut.  

  • Silakan login ke akun anda. Masukkan username dan password.
  • Cari pesan yang meminta anda untuk memverifikasi akun. Lalu pilih ‘Mulai’.
  • Silakan tunggu proses loading hingga muncul kolom pemeriksaan captcha. Silakan lakukan tes pemeriksaan captcha. 
  • Jika berhasil, akun akan dikonfirmasi bahwa anda bukan robot.
  • Lalu pilih lanjutkan ke Twitter untuk membuka kunci akun anda.

Selain melalui pemeriksaan captcha, anda juga bisa melakukan proses verifikasi akun melalui ponsel atau email. Proses verifikasi via telepon akan dilakukan dengan memberikan kode verifikasi ke SMS atau panggilan telepon ke nomor anda. Sementara itu, proses verifikasi via email dilakukan dengan mengirim kode verifikasi ke email anda.

Mengajukan Permohonan Banding

Jika kamu sudah melakukan dua petunjuk di atas, tapi belum bisa mengembalikan akun anda, silakan ajukan permohonan banding. Anda diizinkan mengajukan permohonan pembatalan penangguhan, kalau anda merasa penangguhan akun anda adalah tindakan yang keliru atau salah. 

Cara mengajukan banding penangguhan cukup mudah. Silakan masuk ke akun Twitter anda. Selanjutnya, silakan masuk ke pusat bantuan untuk mengembalikan akun yang ditangguhkan. Anda juga bisa mengisi data untuk permohonan banding akun anda melalui laman  https://help.twitter.com/forms/general?Subtopic=suspended.

Itu tadi beberapa cara mengaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan atau kena suspend. Silakan lakukan langkah yang menurut anda paling mudah. Jika satu langkah tidak berhasil, silakan ikuti langkah-langkah yang lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terupdate nasional dan internasional untuk anda