Perbandingan Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro, dari Harga Hingga Fitur

JAKARTA – Samsung telah meluncurkan Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro di acara Galaxy Unpacked pada awal Juli. Terlihat dari nama perangkatnya, kedua earbuds ini sudah pasti memiliki harga dan fitur yang berbeda.

Galaxy Buds 3 merupakan earbuds dengan fungsi yang biasa, sedangkan Galaxy Buds 3 Pro jauh lebih mahal karena fiturnya lebih lengkap. Jika Anda bisa membeli keduanya, Anda mungkin kebingungan dalam menentukan perangkat yang tepat.

Sebelum membeli seri Galaxy Buds 3, Anda harus mengetahui perbedaan kedua perangkat dan mencari tahu earbuds mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini perbandingan Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro, dilansir dari How to Geek.

Harga dan Warna Earbuds

Kedua perangkat di seri Galaxy Buds 3 memiliki harga yang tidak berbeda jauh. Buds 3 dijual seharga Rp2.999 juta, sedangkan Galaxy Buds 3 Pro dijual dengan harga Rp3.299 juta. Kedua earbuds ini bisa dibeli melalui Samsung Store atau situs web resmi Samsung.

Seri Galaxy Buds 3 hadir dengan warna putih dan perak dengan mikrofon yang ditempatkan lebih dekat dengan mulut serta tutup wadah casing yang transparan. Buds 3 terlihat mirip dengan AirPods Apple generasi ketiga, sedangkan Buds 3 Pro terlihat seperti AirPods Pro.

Buds 3 tidak menggunakan silikon di bagian ujungnya, tetapi Buds 3 Pro menggunakan ujung silikon. Selain perbedaan di bagian ujung telinga, satu-satunya perangkat yang menawarkan Lampu Bilah LED di bagian tangkai adalah Buds 3 Pro.

Fitur dan Daya Tahan Baterai

Buds 3 menawarkan peredam bising aktif (ANC), tetapi perangkat ini tidak memiliki mode Surround Sound. Padahal, Galaxy Buds FE memiliki fitur ini. Berbeda dengan Galaxy Buds 3 Pro, perangkat ini memiliki fitur Audio 360 dan menghasilkan suara Hi-Fi 24-bit.

Selain itu, Galaxy Buds 3 Pro dilengkapi dengan pengaturan woofer dan tweeter dua arah, driver planar 6,1 mm, ANC Adaptif, dan Surround Sound. Dengan fitur yang lebih lengkap, kualitas suara earbuds ini lebih besar dan kontrolnya jauh lebih baik.

Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro memiliki tiga mikrofon, tetapi hanya versi Pro yang menghadirkan dua mikrofon dengan rasio signal-to-noise yang lebih tinggi. Kedua perangkat audio ini menggunakan model Bluetooth v5.3 dan Auto Switch yang berjalan di One UI 3.1.

Sementara itu, dari segi daya ketahanan, Buds 3 memiliki kapasitas baterai 48mAh di earbuds dan 515mAh di casing pengisi daya. Berbeda dengan Buds 3 Pro yang memiliki baterai 53mAh di earbuds dan 515mAh di casing. Buds 3 bertahan 6 jam, sedangkan Buds 3 Pro bertahan 7 jam.