Tiga Fitur Berguna di Facebook yang Jarang Digunakan

JAKARTA – Facebook merupakan salah satu platform yang menawarkan berbagai fitur menarik. Ada banyak fitur yang terus diluncurkan oleh Meta tetapi masih banyak pengguna yang tidak mengetahuinya.

Fitur ini kurang dikenal dan jarang dimanfaatkan karena beberapa hal, salah satunya pengguna yang tidak mencari tahu perkembangan dari aplikasi yang mereka gunakan. Berikut ini beberapa fitur berguna yang ada di Facebook, dilansir dari How to Geek.

Kunci Profil Akun Facebook

Seluruh pengguna Facebook bisa mengakses seluruh hal yang ada di akun Anda, mulai dari foto profil, postingan, hingga berbagai aktivitas lainnya. Ini mungkin tampak biasa jika dilihat oleh teman, tetapi berbeda jika yang melihat akun Anda tidak berada di daftar teman.

Privasi Anda mungkin terancam, bahkan foto Anda bisa diambil dan disalahgunakan. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa mengunci profil melalui perangkat apa pun. Fitur ini akan menyembunyikan seluruh informasi, kecuali Info Tentang.

Melacak Seluruh Interaksi

Tak banyak yang tahu bahwa pengguna bisa mengetahui seluruh interaksi di akun mereka. Disebut sebagai Log Aktivitas, alat ini akan mengelola dan melacak seluruh aktivitas pengguna, mulai dari postingan, komentar, tanda suka, dan lainnya.

Untuk melihat seluruh interaksi yang tercatat oleh sistem, pengguna bisa membuka Setelan dan Privasi. Setelah itu, buka Setelan, lalu cari menu Log Aktivitas di bagian Aktivitas Anda. Saat dibuka, Anda akan melihat seluruh aktivitas, termasuk postingan yang menandai Anda.

Pengelola Waktu

Fitur lainnya yang mungkin jarang digunakan pengguna Facebook adalah pengelola waktu untuk membatasi penggunaan yang berlebihan. Disebut sebagai Waktu Anda di Facebook, fitur ini akan menampilkan aktivitas harian dan mingguan dengan rata-rata waktu.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa menentukan batas penggunaan setiap harinya. Untuk membuka fitur ini, buka Pengaturan, lalu klik menu Waktu Anda di Facebook di bagian bawah Preferensi. Ada dua alat yang bisa dipilih, yaitu Lihat Waktu dan Lihat Alat.