Bagikan:

JAKARTA - Pada Minggu 4 Februari, Facebook, raksasa media sosial yang mengubah dunia, genap berusia 20 tahun. Dalam dua dekade itu, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah berubah dari seorang anak muda kuliah yang kikuk menjadi sosok miliarder di Silicon Valley yang dikenal oleh banyak orang.

Facebook, atau The Facebook, seperti yang dikenal saat itu, didirikan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg dan teman sekamarnya di perguruan tinggi. Situs ini awalnya dimaksudkan untuk menggantikan buku 'Facebook' yang berisi profil mahasiswa dan dosen di Harvard.

Namun, versi asli situs ini terlihat jauh lebih sederhana dibandingkan dengan versi modernnya saat ini. Pada saat peluncurannya, tidak ada Newsfeed, timeline, dinding atau pembaruan status, dan hanya satu foto profil.

Pada tahun 2006, ketika Facebook pertama kali dibuka untuk publik, situs ini menambahkan fitur Newsfeed yang menjadi salah satu ciri khasnya. Ini adalah langkah penting yang membuat Facebook lebih dari sekadar kumpulan profil dan grup.

Selain Newsfeed, fitur klasik lainnya dari era awal Facebook adalah tombol 'poke'. Meskipun dianggap tidak berguna, tombol 'poke' ini menjadi populer di kalangan pengguna, digunakan untuk 'perang poke' dengan teman atau sebagai cara halus untuk menyatakan ketertarikan kepada seseorang.

Selama dua dekade terakhir, Facebook telah mengalami banyak perubahan dan pengembangan. Dari peluncuran Facebook Chat pada tahun 2008 hingga pengenalan fitur Timeline pada tahun 2011, Facebook terus berevolusi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna serta untuk tetap bersaing dengan pesaing-pesaingnya.

Namun, di balik semua perubahan itu, Facebook juga menghadapi kritik terkait algoritma-nya yang diduga mempromosikan konten berbahaya dan memicu kontroversi tentang privasi dan dampak sosial dari media sosial. Di tengah pertumbuhan dan evolusi Facebook selama 20 tahun terakhir, perusahaan ini juga harus menghadapi tantangan yang berkembang dalam memastikan pengalaman pengguna yang aman dan positif.

Seiring dengan ulang tahun ke-20 Facebook, perusahaan ini dihadapkan pada panggilan untuk mengambil langkah-langkah yang lebih besar dalam mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan keamanan, privasi, dan dampak sosial dari platformnya. Dengan terus berusaha untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, Facebook berharap untuk tetap menjadi bagian penting dari kehidupan digital masyarakat global dalam dekade-dekade mendatang.