Google Hilangkan Kemampuan Membeli Film dan Acara dari Google TV

JAKARTA – Google menghilangkan beberapa fungsi dari Google TV saat memperbarui tampilan antarmuka dan mendesain ulang layar berandanya. Kini, pengguna tidak bisa melakukan pembelian di dalam platform.

Jika pengguna ingin membeli film atau acara televisi di platform tersebut, mereka harus melakukan pembeli di dalam aplikasi YouTube. Perubahan ini tidak hanya berlaku di Google TV dan Android TV, tetapi juga di aplikasi seluler Google TV.

"Dengan perubahan ini, Anda tidak dapat lagi membeli episode dan musim TV dari Google TV di perangkat Google TV, perangkat Android TV, dan aplikasi Google TV Mobile. Anda dapat terus membeli acara TV dari YouTube tergantung pada ketersediaan negara," kata Google.

Meski sistem pembeliannya telah diubah, perubahan ini tidak akan memengaruhi film atau acara televisi yang sudah dibeli sebelumnya. Google akan meluncurkan kebijakan ini dalam beberapa minggu ke depan di seluruh negara.

"Anda tetap dapat mengakses semua film dan acara TV yang dibeli sebelumnya (termasuk film yang masih aktif disewa dan seluruh musim TV, terlepas dari tempat pembelian dilakukan)," jelas Google.

Pembelian film dan acara Google TV melalui YouTube bukan fitur baru. Sejak beberapa bulan yang lalu, pengguna sudah bisa melakukan pembelian dan melihat riwayat pembelian yang sebelumnya dilakukan di Google TV.

Jika perubahan ini telah diterapkan sepenuhnya, pengguna tidak akan bisa membeli film dan acara televisi di Google TV lagi. Namun, pembelian yang dilakukan di aplikasi YouTube hanya bisa diakses atau ditonton melalui platform tersebut.