Misi EscaPADE Akan Diluncurkan pada Musim Gugur Tahun Ini

JAKARTA – NASA sedang mempersiapkan peluncuran misi Escape and Plasma Acceleration and Dynamics Explorers (EscaPADE). Satelit kecil ini akan diluncurkan dengan roket New Glenn milik Blue Origin.

Di acara Komite Penelitian Luar Angkasa Majelis Ilmiah ke-45 yang diadakan pada 15 Juli, dilansir dari Spacenews, Rob Lilis dari Laboratorium Ilmu Luar Angkasa Universitas California Berkeley mengatakan bahwa misi EscaPADE akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini.

NASA akan meluncurkan satelit kembar dengan nama Blue dan Gold untuk mengorbit Mars. Selama mengelilingi Planet Merah, kedua satelit ini akan membawa instrumen untuk mempelajari magnetosfer Mars dan interaksi antara atmosfer tersebut dengan angin matahari.

Meski di slide presentasi tercantum bahwa EscaPADE akan diluncurkan pada September mendatang, Lilis mengatakan bahwa penetapan waktu tersebut telah kadaluwarsa. Ia mengatakan bahwa seluruh jendela peluncuran untuk misi Mars telah diperpanjang hingga Oktober.

Jika EscaPADE berhasil diluncurkan pada musim gugur tahun ini, satelit untuk misi tersebut akan tiba di Mars pada September tahun depan. Misi ini akan mulai berjalan pada April 2026 dan pengamatannya akan berjalan selama setahun.

Selain mengamati magnetosfer, EscaPADE akan menjadi misi demonstrasi untuk peluncuran satelit kecil berbiaya rendah. Wahana antariksa ini merupakan bagian dari program eksplorasi planet bernama SIMPLEx.

Selain meluncurkan Blue dan Gold melalui misi EscaPADE, NASA akan meluncurkan satelit Janus dan Lunar Trailblazer melalui misi rideshare. Peluncuran Janus sedang ditunda hingga jadwal yang tidak ditentukan, sedangkan Lunar Trailblazer akan diterbangkan pada akhir tahun ini.