NASA Perkuat Kemitraan Antariksa dengan Jepang dan Korea Selatan

JAKARTA – Wakil Administrator NASA, Pam Melroy, akan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan untuk memperkuat kerja sama internasional. Kunjungan ini akan dilakukan selama beberapa minggu mulai Kamis, 11 Juli.

Melroy akan mendatangi dua negara tersebut untuk berinteraksi dengan para menteri dan pejabat senior di pemerintahan. Ia juga akan menemui pemimpin dari Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) serta Administrasi Dirgantara Korea (KASA).

Selama di Jepang, tepatnya di Tokyo, Melroy akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Secure World Fondation ke-6. Pertemuan ini akan menyoroti kerja sama kedua negara dalam keberlanjutan luar angkasa dan menyoroti kinerja NASA di berbagai misi.

Salah satu proyek yang mungkin akan disoroti adalah kemitraan antara NASA dan JAXA dalam misi eksplorasi bulan. Pada April lalu, Jepang terpilih sebagai perancang dan pengembang wahana penjelajah untuk eksplorasi permukaan di Bulan.

Melalui kerja sama ini, JAXA berusaha menjadikan Jepang sebagai negara pertama selain Amerika yang mendaratkan astronot di Bulan. Selain kemitraan dalam misi eksplorasi bulan, keduanya juga bekerja sama dalam misi penelitian iklim antariksa.

Sementara itu, Melroy akan mendatangi Busan, Korea Selatan untuk menghadiri Sidang Ilmiah ke-45 yang diadakan oleh Komite Penelitian Antariksa di negara tersebut. NASA ingin mencapai peluang kolaborasi internasional dan komersial dalam penelitian antariksa.

Korea Selatan baru mendirikan KASA pada Mei lalu untuk mengembangkan industri antariksa di negara tersebut. Lembaga ini didirikan atas dasar kerja sama dengan NASA dalam eksplorasi, mempelajari ilmu bumi dan antariksa, hingga aeronautika.