Cristiano Ronaldo Resmi Pindah ke Juventus dalam Memori Hari Ini, 10 Juli 2018

JAKARTA - Memori hari ini, enam tahun yang lalu, 10 Juli 2018, bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo secara resmi pindah ke Juventus. Kepindahan Ronaldo mengejutkan. Kepindahan itu dilakukannya kala ia berada di puncak karier bersama raksasa Spanyol, Real Madrid.

Sebelumnya, Ronaldo telah memukau mata dunia dengan bergabung dengan klub Inggris, Manchester United (MU). Prestasinya secara klub dan individu bejibun. Prestasi itu kian menggunung kala ia memilih pindah ke Real Madrid. Ronaldo pun bak tak tersaingi.

Kesukaan Cristiano Ronaldo terhadap dunia sepak bola tiada dua. Pria kelahiran Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985 itu saban hari terus membuktikan dirinya layak menjadi pemain profesional. Pun sepak bola dianggapnya sebagai jalan membawa keluarga ke kehidupan yang lebih layak.

Ia terus berlatih hingga klub raksasa Portugal, Sporting Lisbon (kini: Sporting CP) merekrutnya. Ia menghabiskan banyak waktu bersama Sporting, dari level junior hingga senior sedari 1997. Kesempatan emas pun hadir.

Nama Cristiano Ronaldo sebagai pesepakbola kenamaan melejit setelah bergabung dengan Manchester United pada 2003. (Belfast Telegraph)

Pelatih kenamaan dunia, Sir Alex Ferguson tertarik menggunakan jasanya untuk membela MU. Ronaldo pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan. Apalagi, pelatihnya memberikan Ronaldo nomor keramat, tujuh.

Kepercayaan itu dibayar tunai oleh Ronaldo. Ia mampu membuktikan diri sebagai pemain bola andal. Ia dapat unggul dalam tiap pertandingannya. Pucuk dicinta ulam tiba. Penampilan terbaik Ronaldo muncul pada musim 2007-2008.

Musim itu Ronaldo meraih prestasi manis. MU dibawanya jadi juara Liga Champions. Suatu kondisi yang membuat banyak klub Eropa ingin meminang Ronaldo. Namun, Ronaldo baru pindah ketika raksasa Spanyol, Real Madrid meminangnya pada 2009.

Ronaldo langsung saja membuktikan kapasitasnya sebagai pemain besar. Ia mampu meraih segalanya bersama Real Madrid -- Liga Spanyol, Liga Champions, dan Copa Del Rey (Piala Raja). Prestasi itu ditunjang dengan pencapaiannya secara individu.

Ronaldo mendapatkan penghargaan individu Ballon d’Or empat kali (2013, 2014, 2016, 2017). Ia bahkan mampu membawa Madrid mendapat Liga Champion hingga empat kali (2014, 2016, 2017, 2018).

“Sebagian besar kehidupan Ronaldo dibangun di klub, Real Madrid. Ini bukan berarti bahwa Real Madrid adalah rumah bagi para penyendiri atau tidak ada semangat tim di sana; sebaliknya, klub itu kuat dan kaya, dan banyak pendukungnya yang bersemangat, berdedikasi, dan jujur.”

“Namun, tidak dapat disangkal bahwa karena sumber daya Madrid yang sangat besar — ​​gaji tahun lalu Ronaldo diperkirakan mencapai 180 juta dolar AS — ada budaya bintang, banyak di antaranya datang dan pergi. Dan Ronaldo, yang telah menjadi andalan dan yang paling cemerlang,” ungkap Sam Borden dalam tulisannya di laman The New York Times berjudul Cristiano Ronaldo, Quiet Superstar, Can Win Portugal’s Heart With Euros Title (2016).

Namun, tiada yang abadi. Ronaldo justru memilih hengkang dari Real Madrid. Ronaldo secara resmi pindah ke raksasa Italia, Juventus pada 10 Juli 2018. Pemain berusia 33 tahun diboyong dengan mahar 100 juta euro dengan kontrak empat tahun.

Cristiano Ronaldo mempersembahkan trofi Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions saat dirinya berada di Real Madrid pada 2009-2018. (Sky Sports)

Kepindahan itu mengejutkan pencinta bola di seluruh dunia. Pasalnya, Ronaldo di Real Madrid sedang berada di puncak karier. Pun peluang Ronaldo untuk mendapatkan banyak gelar terbuka lebar di Real Madrid. Namun, keputusan Ronaldo mencari tantangan baru mengubah segalanya.

"Saya hanya memiliki rasa terima kasih yang sangat besar untuk klub ini dan kota ini, Saya telah menjalani sembilan tahun yang benar-benar luar biasa di klub ini. Real Madrid telah menaklukkan hati saya dan keluarga saya.”

“Itulah sebabnya saya ingin mengucapkan terima kasih lebih dari sebelumnya: terima kasih kepada klub, presiden, direktur, kolega saya, semua staf, dokter, fisioterapis, dan orang-orang luar biasa yang membuat semuanya berjalan lancar. Terima kasih kepada semua orang dan, tentu saja, seperti yang saya katakan pertama kali di stadion kami sembilan tahun lalu: Hala Madrid!,” ungkap Ronaldo dalam surat pengunduran dirinya sebagaimana dikutip Fabrizio Romano dalam tulisannya di laman Guardian berjudul Cristiano Ronaldo Joining Juventus in €100m Deal from Real Madrid (2018).