Suzuki Berencana Perbanyak Versi Jimny, Mulai dari Pikap hingga EV

JAKARTA - Suzuki Jimny merupakan salah satu model paling dicintai di pasar global dengan desain unik dan usung kemampuan berkendara off-road. Bahkan, model ini hadir dalam varian lima pintu dalam beberapa pasar, dua di antaranya ialah Indonesia dan India.

Karena memiliki popularitas tinggi, pabrikan berlogo ‘S’ ini berniat untuk menghadirkan lebih banyak opsi pada model ini salah satunya menghadirkan versi hybrid.

Melansir dari Carscoops, Senin, 1 Juli, model ini akan menerima pembaruan mencakup tersedianya powertrain hybrid yang memiliki kemampuan efisiensi BBM lebih tinggi dibandingkan hanya mesin ICE murni.

Jimny bertenaga hybrid dikabarkan bakal tersedia di pasar Eropa karena memiliki kadar emisi lebih rendah. Suzuki akan menawarkannya dengan mesin 1,5 liter bersama teknologi mild-hybrid sebagai opsi dari facelift yang berpotensi hadir pada tahun 2024 atau 2025.

Selain itu, Suzuki juga mengonfirmasi bahwa SUV ini akan dihadirkan kembali dalam bentuk kendaraan listrik (EV) murni yang bakal memulai debutnya di benua biru pada 2030 mendatang. Dikabarkan model tersebut merupakan salah satu dari lima EV yang akan diluncurkan merek ini di Eropa.

Dikabarkan bahwa model ini akan mempertahankan desain Jimny dengan tiga pntu yang menampilkan grafis lampu depan dirubah ulang. Selain Eropa, model tersebut juga ditawarkan di pasar Jepang dan India.

“Saya ingin melihat variasi lain dari produk Jimny – variasi yang bahkan mungkin dapat membantu NVES (New Vehicle Efficient Standard),” kata General Manager Suzuki Australia Michael Pachota.

Selain diubah dalam wujud elektrifikasi, merek otomotif ternama ini juga berniat menghadirkannya dalam wujud pikap bergaya dua pintu yang akan menjadi rival masa depan bagi Toyota Hilux. Proyek ini sedang berada dalam tahap pengembangan dan model ini disebut sebagai salah satu yang paling dinantikan di negeri kanguru.

“Bayangkan sebuah Jimny dengan dua kursi di depan dan tidak ada kursi di belakang,” kata Pachota.

Sebelumnya, versi Jimny dalam bentuk pikap telah dipamerkan dalam acara Tokyo Auto Salon 2019 dengan nama Suzuki Jimny Sierra Pickup Style.