Bagikan:

JAKARTA - Pada awal bulan ini, Suzuki umumkan akan menghentikan sejumlah model untuk pasar Eropa termasuk Jimny LCV. Sebagai tanda perpisahan, pabrikan berlogo ‘S’ ini menghadirkan edisi spesial model tersebut untuk pasar Jerman.

Usung nama Jimny Horizon, pabrikan dari Jepang ini menghadirkannya secara terbatas hanya 900 unit. Karena edisi spesial, ada sejumlah perbedaan bila dibandingkan dengan standarnya mulai dari bodykit hingga aksesori tambahan.

Melansir Carscoops, Kamis, 11 Juli, edisi spesial ini hadir dengan grill bernuansa retro menampilkan huruf ‘Suzuki’ dengan skid plate bergaya aluminium di bumper, side skirt serasi, dan penutup pelek Cadangan bermerek Suzuki. Selain itu, model ini dilengkapi satu set mud flaps, melengkapi baja hitam.

7

Jimny Horizon akan ditawarkan secara eksklusif dalam warna Medium Grey, dipadukan dengan stiker hitam. Paket aksesori mencakup halangan trailer yang dapat dilepas bagi mereka yang ingin menggunakan off-roader rangka tangga untuk penarik.

Suzuki menghadirkan model ini dengan konfigurasi dua tempat duduk pada bagian interiornya. Mobil ini diklaim memiliki ruang kargo seluas hingga 863 liter.

Untuk komponen internal pembakaran, mobil tersebut dibekali mesin 1,5 liter naturally-aspirated yang memompa tenaga 101 dk dan torsi 130 Nm digabungkan dengan transmisi manual yang tersalurkan ke penggerak semua roda (AWD).

Berbicara harga, Suzuki Jimny Horizon akan tersedia untuk pasar Jerman dengan banderol senilai 32.340 euro (Rp567,4 jutaan) atau lebih mahal dari varian dasarnya 29.490 euro (Rp517,3 jutaan).

Suzuki juga mempersiapkan diri untuk elektrifikasi dengan segera menghadirkan Jimny versi hybrid yang berpotensi bakal hadir pada tahun 2024 atau 2025. Kemungkinan pabrikan akan menerapkannya dalam mesin 1,5 liter mild-hybrid.

Selain itu, Suzuki juga mengonfirmasi Jimny akan dihadirkan kembali dalam bentuk kendaraan listrik (EV) murni yang bakal memulai debutnya di benua biru pada 2030 mendatang sebagai salah satu dari lima EV yang akan diluncurkan merek ini di Eropa.

Dikabarkan bahwa model ini akan mempertahankan desain Jimny dengan tiga pintu yang menampilkan grafis lampu depan diubah ulang. Selain Eropa, model tersebut juga ditawarkan di pasar Jepang dan India.