Restorasi Modern Nissan Skyline GT-R R34 oleh Built by Legend

JAKARTA - Nissan Skyline GT-R, terutama model R34, tetap menjadi ikon bagi pecinta otomotif di seluruh dunia. Daya tariknya yang kuat membuat banyak orang masih menginginkan mobil legendaris ini, baik untuk koleksi maupun untuk dimodifikasi.

Salah satu perusahaan yang merestorasi model ini adalah Built by Legend, yang berhasil mengubah mobil berusia 25 tahun ini menjadi lebih modern dan canggih.

"Tujuan kami adalah mengeluarkan potensi sejati GT-R sebagai mobil pengemudi dan memberikan pengalaman berkendara kelas dunia," kata Masaharu Kuji, CEO & Co-Founder Built by Legend, seperti dikutip dari Carscoops, Kamis, 27 Juni.

Proyek restorasi yang dilakukan perusahaan asal Jepang ini sangat teliti. Mereka memulai dengan melakukan uji keselarasan 3D 108 titik untuk memastikan presisi struktur kendaraan sebelum memperkuatnya. Panel penyangga yang lebih kaku, penyangga atas penutup mesin, dan panel hood ridge OEM ditambahkan untuk meningkatkan kekakuan sasis. Selain itu, mereka juga menggunakan epoksi anti karat dan cat sasis dual-tone yang bisa dipilih pelanggan.

Untuk meningkatkan kekakuan struktur, Built by Legend menambahkan 400 titik las pada sasis. Namun, restorasi ini tidak berhenti di situ. Nissan Skyline GT-R R34 juga diberi peningkatan pada berbagai suku cadang, termasuk suspensi baru, rem dari AP Racing, dan panel bodi dari serat karbon untuk mengurangi bobot kendaraan.

Meskipun ada banyak peningkatan modern, perusahaan ini juga memberikan fleksibilitas kepada pelanggan. Mereka bisa memilih untuk mempertahankan suku cadang lama atau menggabungkannya dengan komponen terbaru sesuai keinginan.

Modifikasi R34 oleh Built by Legend juga mencakup mesin MINES yang dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan, mampu menghasilkan tenaga hingga 650 dk. Namun, perusahaan tidak mengungkapkan detail mengenai akselerasi dan kecepatan maksimum mobil ikonik ini.

Berbicara tentang harga, Built by Legend membanderol Nissan Skyline GT-R R34 versi modifikasi ini dengan harga sekitar 450.000 dolar AS (Rp7,3 miliaran).