Buktikan Ketangguhan Subaru Forester hingga Crosstrek di Lintasan Offroad

JAKARTA - Subaru Indonesia bersama Jejelogy 4x4 school team menggelar acara X-MODE Xperience selama 2 hari pada 21-22 Juni 2024, yang diikuti oleh penggemar otomotif hingga para pemilik Subaru dan menjajal langsung model Outback dan Forester, hingga Crosstrek.

Acara ini digelar untuk menunjukan kepintaran dari teknologi Subaru yaitu Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD), yang telah digunakan selama lebih dari 50 tahun dan sejak tahun 2009 teknologi ini semakin pintar dengan hadirnya X-MODE.

"Kami yakin Subaru Core Technology seperti Symmetrical All Wheel Drive dan X-Mode membuat Subaru menjadi kendaraan yang sangat menyenangkan untuk dikendarai di semua medan," kata CEO Subaru Indonesia Arie Christopher, dalam keterangan resminya, Sabtu, 22 Juni.

Dia mengatakan, dengan tim Jejelogy 4x4 School Subaru berharap dapat memberikan insight lebih mendalam, terhadap bagaimana menggunakan teknologi tersebut di track offroad.

"Dengan pengalaman ini, kami yakin para peserta dapat merasakan keunggulan Subaru di semua kondisi jalan, tanpa khawatir kehilangan kontrol atas kendaraan, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang," tambah dia.

Subaru Forester/FOTO: Subaru Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Jejelogy, Rally driver & Offroader mengatakan offroading bukan sekadar hobi, tetapi sesuatu gairah yang memicu semangat berpetualang.

Bersama Subaru Crosstrek, tidak hanya mengejar jalur tetapi menaklukkan, dan melangkah lebih jauh melalui berbagai superioritas teknologi Symmetrical All-Wheel Drive, X-Mode, dan core technology lainnya.

 

"Saya yakin, bersama kita dapat menginspirasi semua orang menikmati outdoor activity  off-road, camping trip, atau akhir pekan bersama keluarga dengan kendaraan Subaru yang dilengkapi S-AWD," ungkap Jejelogy.

Untuk cara kerjanya, fitur X-MODE saat diaktifkan, X-MODE mengatur beberapa sistem penting dalam Subaru untuk menjaga keselamatan dan memberikan traksi serta kontrol yang luar biasa.

Respons Throttle mesin saat terjebak di es, salju, atau lumpur, biasanya pengemudi cenderung menekan gas lebih kuat. Namun, ini bisa memberikan torsi berlebihan dan menyebabkan roda berputar cepat tanpa traksi. Dengan X-MODE, mesin akan memberikan torsi secara bertahap meski gas ditekan penuh, hingga roda mendapatkan traksi yang cukup.

Selain itu, transmisi saat tanjakan curam atau medan sulit seperti pasir, X-MODE memaksa transmisi tetap di gigi rendah untuk memaksimalkan daya. Ini mirip dengan prinsip pada kendaraan 4WD manual saat off-road, tetapi X-MODE melakukannya secara otomatis dengan menekan satu tombol.