Bagikan:

JAKARTA - Subaru, pabrikan mobil ternama dari Jepang, telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Penyelamat Jepang (JLA) dalam upaya mengurangi angka kecelakaan di wilayah perairan. Langkah ini sejalan dengan komitmen Subaru dalam mendukung program nol kecelakaan lalu lintas pada tahun 2030.

Kolaborasi ini sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2020 dan kini berlanjut dengan penyiapan 32 unit mobil Subaru yang akan digunakan untuk kegiatan pengawasan dan penyelamatan di perairan Jepang.

Sebuah video singkat di kanal YouTube resmi Subaru menggambarkan SUV andalan mereka, Subaru Forester, yang telah diubah menjadi kendaraan patroli pantai. Mobil ini dilengkapi dengan seragam dan peralatan sesuai dengan tugas pengawasan dan misi penyelamatan di sekitar perairan.

Dilansir dari Carscoops, Minggu, 6 Agustus, video tersebut sebenarnya bukan yang pertama kali, namun Subaru merilisnya kembali tahun ini untuk menyoroti perluasan armada. Video pertama menampilkan fokus pada kendaraan itu sendiri, sementara yang kedua menghadirkan visual ala film ikonik "Baywatch".

Subaru Forester yang diubah menjadi kendaraan patroli pantai memiliki livery kuning dan merah dengan logo Subaru dan JLA terpampang pada kap mesin, menandakan bahwa ini adalah kendaraan resmi patroli pantai.

Tidak hanya penampilannya, Forester juga dilengkapi dengan rak atap yang dapat digunakan untuk membawa papan selancar atau peralatan pantai lainnya.

Di bagian interior, mobil ini juga disesuaikan dengan kebutuhan tim penyelamat pantai. Jok mobil dilapisi dengan bahan anti air khusus, dan terdapat alas lantai dan bagasi yang mudah dibersihkan dari pasir.

Subaru juga memastikan bahwa tim penyelamat dilengkapi dengan perangkat penting. Forester dilengkapi dengan Defibrillator Eksternal Otomatis portabel, alat yang dapat memeriksa irama jantung korban dan membantu tugas penyelamatan.

Forester bukan satu-satunya kendaraan yang diubah menjadi armada patroli pantai. Subaru juga memperkenalkan versi serupa dari Crosstrek, dengan desain dan peralatan yang sama seperti Forester.

Subaru Crosstrek untuk patroli pantai sudah aktif beroperasi di prefektur Nagasaki, Jepang. Untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan, Subaru dan JLA juga mengadakan seminar bersama.