Mau Hadir di Indonesia, Pemesanan EV9 di Kanada Justru Dihentikan
Kia EV9 2024. (Dok. Kia Global)]

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kendaraan asal Korea Selatan, Kia, mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan reservasi pemesanan untuk SUV listriknya, EV9 di Kanada. Penyebab dihentikannya reservasi untuk SUV berdimensi besar tersebut cukup unik.

Kia menyebut reservasi pemesanan pada EV9 dihentikan disebabkan oleh tingginya jumlah permintaan untuk pasar Kanada. Perusahaan mengatakan bahwa mereka hanya mengalokasikan sebanyak 500 unit EV9 di Kanada.

Dilansir dari InsideEVs, Sabtu, 5 Agustus, jumlah alokasi untuk SUV berdimensi besar tersebut dinilai sangat rendah. Apalagi, permintaan SUV tiga baris maupun kendaraan listrik terus meningkat di pasar Amerika Utara.

Meski sebab pasti dari pembatasan alokasi ini tidak diungkapkan oleh Kia, kemungkinan perusahaan ingin membangun antusiasme yang kuat di kalangan masyarakat Kanada terhadap kendaraan listrik ini. Selain itu, kemungkinan masalah pasokan juga menjadi faktor yang membatasi permintaan yang begitu besar.

Desain eksterior EV9 mencerminkan filosofi "Bold for Nature" yang memadukan unsur alam dengan kekayaan material. Tampilan SUV ini juga dianggap sebagai landasan bagi desain SUV listrik di masa depan.

Secara keseluruhan, bentuk kotak dengan garis tegas menggarisbawahi kesan gagah. Struktur sepatbor segitiga dan lengkungan roda yang menonjol menyatu dengan tubuh mobil, menciptakan penampilan yang tangguh.

Lampu depan EV9 juga menonjol dengan fitur inovatif "Star Map LED daytime running lights (DRL)" yang menciptakan variasi pola pencahayaan yang menarik. Bagian belakang mobil dilengkapi dengan lampu ekor ramping yang mencolok.

Di sisi, pintu dan trim berwarna Hitam Kilap, diperkuat dengan pelek 19 inci sebagai standar. Varian GT-Line S menawarkan pelek 21 inci. Interior mobil juga menampilkan fitur menarik.

Tidak hanya tampilan, EV9 juga menawarkan performa yang mengesankan. Varian Air dilengkapi motor listrik dengan tenaga 198 dk dan torsi 350 Nm, menggerakkan roda belakang (RWD). Sementara varian GT-Line dan GT-Line S, memiliki penggerak semua roda (AWD), dengan tenaga puncak mencapai 372 dk dan torsi 700 Nm.

Untuk baterai, ketiga varian EV9 memiliki kapasitas 99,8 kWh, mampu menjelajah hingga 540 km untuk varian Air. Sedangkan varian teratas memiliki jangkauan 495 km dalam sekali pengisian daya.

Di Amerika Serikat, harga perkiraan EV9 dimulai dari $55.000 atau sekitar Rp834,7 juta. SUV ini diharapkan tiba di diler pada akhir tahun.

Indonesia juga akan turut merasakan hadirnya Kia EV9, yang akan dihadirkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10-20 Agustus di ICE BSD, Tangerang.

Dalam unggahan Instagram resmi Kia Indonesia, gambar teaser mengisyaratkan kehadiran EV9 di GIIAS 2023.

Terkait