Bagikan:

JAKARTA - PT Kreta Indo Artha (KIA), distributor resmi merek Kia di Indonesia, mempersembahkan sejumlah kendaraan menarik dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Tidak hanya memamerkan berbagai model yang telah dikenal di Indonesia, Kia juga memperkenalkan SUV berukuran besar yang bertenaga listrik, yakni EV9, yang baru-baru ini berhasil mencuri perhatian global.

Model yang dihadirkan oleh Kia Indonesia adalah EV9 GT-Line, sebuah varian dengan performa impresif.

Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, mengungkapkan kebanggaannya dalam mempersembahkan Battery Electric Vehicle (BEV) terbaru ini di Indonesia, dengan menonjolkan berbagai keunggulannya.

"Dengan Kia EV9 GT-Line, kami juga menegaskan komitmen Indomobil group dalam mendukung program pemerintah terkait elektrifikasi, khususnya untuk merek Kia di Indonesia," ujar Andrew dalam pernyataannya, hari ini, Kamis, 10 Agustus.

Desain eksterior mobil ini terinspirasi oleh filosofi "Bold for Nature", yang memadukan unsur-unsur alam dan material. Desain EV9 ini juga dianggap sebagai tonggak bagi desain SUV listrik masa depan.

Secara keseluruhan, desain SUV listrik ini memiliki bentuk kotak dengan garis tegas yang mencolok. Tampilan tangguhnya diperkuat oleh struktur sepatbor segitiga dan lengkungan roda yang menonjol, semuanya terintegrasi secara harmonis dengan bodi mobil.

Lampu depan EV9 juga mencuri perhatian dengan fitur inovatifnya, yaitu "Star Map LED daytime running lights (DRL)", yang menciptakan berbagai pola cahaya menarik. Di bagian belakang, terdapat lampu ekor ramping yang memberikan kesan elegan.

Varian GT-Line S hadir dengan pelek berukuran 21 inci. Mobil ini dikategorikan sebagai SUV tiga baris dengan ruang lega yang cocok untuk keluarga. Interior mobil juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Di dalam kabin, terdapat tiga layar, termasuk kluster instrumen 12,3 inci, layar sentuh kontrol iklim 5,3 inci, dan layar sentuh navigasi 12,3 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur menarik lainnya dalam Kia EV9 meliputi pengisian nirkabel untuk perangkat, setir berpemanas, enam port USB-C, dan sistem AC dual-zone di bagian depan dan belakang yang tergantung di atap.

Untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pengemudi, Kia juga menyediakan fitur-fitur seperti Smart Cruise Control, Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCCA) dengan Rear-Cross Traffic Assist (RCTA), pandangan 360 derajat melalui monitor, dan sembilan airbag yang tersebar di tiga baris kabin.

Varian teratas Kia EV9 ini memiliki jangkauan hingga 495 km dalam sekali pengisian baterai. EV9 GT-Line juga dilengkapi dengan fitur Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V) yang memungkinkan mobil untuk menjadi seperti sebuah genset, mampu menyuplai energi listrik untuk rumah tangga dan kebutuhan lainnya.

EV9 dengan varian GT-Line dilengkapi dengan penggerak semua roda (AWD), mampu mencapai daya puncak hingga 372 dk dan torsi 700 Nm.

Untuk harga, Kia Indonesia membanderol Kia EV9 GT-Line senilai 1,975 miliar On The Road di DKI Jakarta.