Bagikan:

JAKARTA - Setelah menandai debut globalnya pada awal 2023, Kia EV9 resmi mengumumkan harga pasaran untuk wilayah AS.

Dalam laporan resmi pabrikan, Senin, 9 Oktober, Kia menawarkan model ini sebanyak lima varian: Light RWD, Light Long Range RWD, Wind e-AWD, Land e-AWD, dan GT-Line.

Desain eksterior mobil ini mengambil inspirasi dari filosofi "Bold for Nature", yang memadukan unsur alam dengan elemen material. Desain EV9 ini dianggap sebagai tonggak penting dalam pengembangan desain SUV listrik masa depan.

Secara keseluruhan, SUV listrik ini memiliki bentuk yang khas dengan garis tegas. Tampilannya yang mengesankan diperkuat oleh sepatbor berbentuk segitiga dan lengkungan roda yang menonjol yang terintegrasi dengan tubuh mobil.

Lampu depan EV9 juga menarik perhatian dengan inovasi "Star Map LED daytime running lights (DRL)" yang menghasilkan pola pencahayaan yang beragam. Di bagian belakang, mobil ini memiliki lampu ekor yang ramping dan menarik perhatian.

SUV berbaris tiga ini dilengkapi dengan kluster instrumen 12,3 inci, layar sentuh kontrol iklim 5,3 inci, serta layar sentuh sistem navigasi 12,3 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto di bagian interiornya.

Fitur menarik lainnya dalam Kia EV9 meliputi pengisian gawai nirkabel, setir kemudi berpemanas, enam port USB-C, dan sistem AC dual-zone di bagian depan dan belakang yang tergantung di atap.

Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan pengemudi, Kia menyediakan berbagai fitur, seperti Smart Cruise Control, Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCCA) dengan Rear-Cross Traffic Assist (RCTA), pandangan monitor 360 derajat, dan sembilan airbag yang tersebar di kabin tiga baris.

Dibangun di atas platform E-GMP, kelima varian ini memiliki keunggulan masing-masing dalam hal performa. Varian Light sebagai model terendah dilengkapi dengan motor listrik berkekuatan 215 dk. Sementara itu, versi Light Long Range memiliki tenaga sebesar 201 dk.

Sementara itu, tiga varian teratas dilengkapi dengan dua motor listrik yang menghasilkan hingga 379 dk. Meskipun memiliki tingkat daya yang berbeda, semua varian menggunakan baterai berkapasitas sama.

Semua varian dilengkapi dengan baterai 99,8 kWh yang memungkinkan mobil ini memiliki jangkauan hingga 495 km dalam satu pengisian daya. SUV ini juga memiliki kemampuan Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V), yang memungkinkan mobil untuk berfungsi seperti generator listrik, mampu menyuplai energi ke rumah dan kebutuhan lainnya.

Kia telah merilis harga EV9 untuk pasar AS, yang mencakup:

  • EV9 Light RWD senilai 54.900 dolar AS (setara Rp862,1 jutaan)
  • EV9 Light Long Range RWD senilai 59.200 dolar AS (setara Rp929,9 jutaan)
  • EV9 Wind e-AWD senilai 63.900 dolar AS (setara Rp1 miliaran)
  • EV9 Land e-AWD senilai 69.900 dolar AS (setara Rp1,098 miliaran)
  • EV9 GT-Line e-AWD senilai 73.900 dolar AS (setara Rp1,160 miliaran)

Kia EV9 juga telah diperkenalkan di pasar Indonesia saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada bulan Agustus lalu. Kia, perusahaan asal Korea Selatan, menghadirkan varian GT-Line dengan harga Rp1,975 miliar OTR Jakarta.