Bagikan:

JAKARTA- Kia Global mengirimkan surat kepada dealer yang berada di Amerika Serikat, untuk tidak menaikan harga dan sesuai yang direkomendasikan pabrikan untuk sebuah Kia EV9.

Dikutip dari laman CarsDirect, Minggu 5 November, isi surat dari Kia Global meminta dealer untuk menjual EV9 sesuai yang dianjurkan, tanpa ada mark-up.

"Pelanggan EV9 adalah pemilik baru yang penting bagi merek Kia, dan transparansi harga akan menjadi yang terpenting sebagai bagian dari pengalaman pembelian mereka. Kami meminta dealer untuk menjual EV9 secara eceran tanpa mark-up di atas Harga Eceran yang Disarankan Pabrikan,” bunyi surat itu.

Seperti diketahui mobil listrik dengan desain futuristik ini mulai tiba di Amerika Serikat sebelum akhir tahun 2023, dan pelanggan sudah dapat melakukan reservasi dengan nominal 56.393 dolar AS atau kisaran Rp870 jutaan untuk versi Light.

Untuk pasar Amerika Serikat SUV listrik tiga baris ini tersedia dalam lima level trim yang tersedia, meliputi Light Long Range RWD, Wind AWD, Land AWD, dan GT-Line AWD.

Model pertama yang dikirim ke pasar Amerika akan diimpor langsung dari Korea Selatan, tetapi perusahaan memiliki rencana untuk memulai produksi lokal SUV EV di West Point, Georgia, sekitar tahun 2024.

Kenaikan harga mobil Kia bukan kali ini saja terjadi, untuk model EV6 mendapat kenaikan harga yang besar dari beberapa dealer ketika diluncurkan di Amerika, bahkan mencapai 20.000 dolar AS atau sekitar Rp311 jutaan.

Namun demikian kenaikan tersebut tak dapat dihindari, sebab banyak biaya yang dikeluarkan untuk menghadirkan mobil satu ini ke pasar lokal.