Bagikan:

JAKARTA - Dengan performa yang mengingatkan pada mobil sport serta fitur dan utilitas yang canggih, Kia EV9 mendapatkan perhatian positif secara global sejak diluncurkan dan kini siap menjajaki pasar di berbagai negara, termasuk Malaysia.

Baru-baru ini, dalam unggahan akun Instagram Route Hunters, terlihat Kia EV9 berada di Glenmarie, Selangor, Malaysia, menunjukkan kemungkinan eksplorasi pasar di negara tersebut, dilansir dari Paultan, Senin, 7 Agustus. Terlihat sebuah kertas yang ditempelkan di bagian belakang kendaraan dengan tulisan "Kia Malaysia Sdn Bhd," menandakan kemungkinan keterlibatan distributor Kia Malaysia dalam pengenalan mobil ini di pasar Malaysia.

Diperkirakan bahwa Kia akan menawarkan pilihan tempat duduk yang beragam untuk EV9 di Malaysia, termasuk tempat duduk baris kedua dengan tiga tempat duduk, tempat duduk dasar, dan tempat duduk santai.

Langkah ini menunjukkan komitmen Kia dalam menghadirkan Kia EV9 ke berbagai negara di Asia Tenggara. Selain itu, SUV ini juga diharapkan akan membuat debutnya di industri otomotif Indonesia, seperti yang diisyaratkan oleh unggahan teaser resmi Kia Indonesia di Instagram mengenai kehadiran Kia EV9 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Secara desain, Kia EV9 memiliki garis tegas yang memberikan kesan tangguh. Detail sepatbor segitiga dan lengkungan roda yang menonjol menyatu secara harmonis dengan bodi mobil, menciptakan penampilan yang kuat.

Lampu depan EV9 menampilkan fitur inovatif "Star Map LED daytime running lights (DRL)," memberikan variasi pola pencahayaan yang menarik. Di bagian belakang, lampu ekor ramping memberikan sentuhan yang mencolok.

Sisi luar mobil menampilkan pintu dan trim dengan warna Hitam Kilap, diperkuat dengan pelek 19 inci sebagai standar. Varian GT-Line S menawarkan pelek 21 inci yang lebih besar. Interior mobil juga menampilkan berbagai fitur menarik.

3

Dibangun di atas platform E-GMP yang sama dengan Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6, Kia EV9 memiliki dimensi besar dengan panjang 5.010 mm, lebar 1.980 mm, dan wheelbase 3.100 mm.

Tidak hanya tampilan, Kia EV9 juga menawarkan performa yang mengesankan. Varian Air dilengkapi dengan motor listrik berdaya 198 dk dan torsi 350 Nm, menggerakkan roda belakang (RWD). Sementara varian GT-Line dan GT-Line S menggunakan penggerak semua roda (AWD), dengan tenaga puncak mencapai 372 dk dan torsi 700 Nm.

Dalam hal baterai, ketiga varian EV9 memiliki kapasitas baterai 99,8 kWh, mampu menjelajah hingga 540 km untuk varian Air. Varian teratas memiliki jangkauan 495 km dalam sekali pengisian daya.

Di Amerika Serikat, harga perkiraan Kia EV9 dimulai dari $55.000 atau sekitar Rp834,7 juta. SUV ini dijadwalkan akan tiba di diler pada akhir tahun.