Subaru Umumkan Memperluas Sistem Keamanan EyeSight ke Mobil Manual
Saat dilengkapi dengan EyeSight, semua model Subaru 2022 yang diuji menerima peringkat tertinggi pencegahan tabrakan dari IIHS. (Dok. Subaru)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada yang bisa mengalahkan sensasi mengemudi mobil sport dengan transmisi manual. Namun, konfigurasi manual dengan tiga pedal pada umumnya memiliki beberapa keterbatasan terkait sistem bantuan pengemudi.

Atas masalah di atas, dalam ruang media Subaru, 20 Juni, Subaru mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja untuk menyediakan teknologi keselamatan EyeSight pada model-model mereka yang dilengkapi dengan transmisi manual yang selama ini hanya bisa didapatkan pada kendaraan Subaru dengan transmisi otomatis.

Dijelaskan lebih lanjut, produsen mobil Jepang ini mengkonfirmasi bahwa mereka saat ini sedang menyesuaikan EyeSight dengan karakteristik mengemudi dan pengoperasian kendaraan dengan transmisi manual dan setelah semua pekerjaan pengembangan selesai dilakukan, sistem ini akan beroperasi dalam berbagai kondisi dan akan membantu pengemudi dalam situasi kritis, seperti halnya EyeSight pada kendaraan yang dilengkapi transmisi otomatis.

Aplikasi pertama EyeSight untuk mobil dengan transmisi manual akan diluncurkan pada versi Jepang dari mobil sport BRZ. Coupe ini dijadwalkan akan debut pada musim gugur ini, dan akan membawa sistem keamanan pada BRZ tiga pedal untuk pertama kalinya, dengan lebih banyak model yang akan menyusul.

4
2022 Subaru BRZ 

Untuk diketahui, EyeSight adalah sistem bantuan pengemudi milik Subaru dan pertama di dunia yang hanya menggunakan teknologi kamera stereo untuk memberikan pengereman pra-tabrakan dengan kemampuan mendeteksi tidak hanya mobil, tetapi juga pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengendara sepeda motor di jalur kendaraan, dan fitur lain seperti cruise control adaptif.

Sejak debutnya pada tahun 2008, penjualan global kumulatif kendaraan Subaru yang dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi EyeSight telah mencapai lebih dari 5,5 juta unit.