Dari ‘Kota Beatles’, Liverpool Diubah Menjadi ‘Kota Taylor Swift’

JAKARTA - Liverpool dikenal sebagai kotanya The Beatles. Banyak Beatlemania (penggemar) mengunjungi kota tersebut untuk melihat situs-situs yang berkaitan dengan band, seperti The Beatles Statue, Penny Lane, Cavern Club, Mathew Street, dan lainnya.

Namun, sebutan ‘Kota Beatles’ itu tampak berubah status belakangan ini. Karena Eras Tour digelar di Liverpool selama tiga hari, 13-15 Juni, kota tersebut dipenuhi instalasi yang berkaitan dengan Taylor Swift.

Pejabat setempat diketahui telah mempersiapkan banyak hal untuk menyambut kedatangan para Swifties ke kota mereka. Pasalnya, Liverpool menjadi satu-satunya kota di bagian utara Inggris yang menyelenggarakan Eras Tour tahun ini.

Di luar Stadion Anfield yang dipakai sebagai venue konser, pejabat setempat mengadakan Taylor Town Trail, dimana para penggemar Swift bisa berkeliling kota dan melihat instalasi khusus yang telah dibuat, salah satunya adalah piano yang dapat dimainkan dan ditutupi lumut, seperti yang dimainkan Swift dalam videonya untuk “Cardigan”.

“Taylor Town Trail akan menempatkan Swifties di surga pop yang alami. Dan bahkan jika Anda belum mendapatkan tiket ke salah satu konsernya, itu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan,” kata Claire McColgan selaku Direktur Kebudayaan Dewan Kota Liverpool, mengutip BBC, Jumat, 14 Juni.

Taylor Town Trail juga membawa pengunjung melewati beberapa lokasi paling ikonik di Liverpool, seperti Royal Albert Dock, yang kini dihiasi dengan instalasi kupu-kupu setinggi tujuh kaki yang terinspirasi oleh album pertama Swift dan Stasiun Lime Street dengan jam raksasa untuk didaki, yang mana mewakili album Midnights milik Swift.

Semua instalasi yang dihadirkan khusus itu dibuat oleh seniman dan studio lokal, termasuk Catherine Rogers, Anna Mulhearn, Buy By Bethan, Submarine Studios dan lain-lain.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Eras Tour telah mendatangkan dampak ekonomi yang baik bagi kota yang dikunjungi, termasuk Liverpool. Beberapa bisnis lokal juga mengembangkan penawaran mereka sendiri yang selaras dengan konser Taylor Swift.