Cara Memperbaiki Google Messages yang Tidak Menerima Pesan

JAKARTA – Google Messages merupakan platform perpesanan yang dibutuhkan bagi sebagian pengguna Android. Ketika aplikasi ini bermasalah, Anda mungkin akan kehilangan pesan yang sangat penting.

Oleh karena itu, masalah pada Google Messages harus segera diatasi. Jika aplikasi Google Messages Anda tidak bisa menerima pesan dari pengguna lain, berikut ini cara memperbaikinya, dikutip dari Makeuseof.

Periksa Folder Spam dan Blokir

Ketika pesan baru tidak masuk ke dalam kotak masuk, ada kemungkinan pesan tersebut difilter dan dimasukkan ke dalam folder tersembunyi. Untuk mengetahui apakah hal ini terjadi di perangkat Anda, Anda bisa membuka folder Spam dan Blokir.

Anda hanya perlu mengetuk gambar profil di sudut kanan atas, lalu pilih folder tersebut. Perlu diketahui bahwa Google akan memasukkan pesan teks dari pengguna yang diblokir atau dianggap sebagai spam ke folder Spam dan Blokir.

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Google Messages membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup. Jika perangkat memiliki sisa penyimpanan yang sangat sedikit atau tidak ada sama sekali, ada kemungkinan aplikasi tidak mau memunculkan pesan baru.

Saat masalah penyimpanan menjadi masalah, Anda akan melihat pesan dari sistem bahwa Anda harus mengurangi ruang penyimpanan. Agar pesan baru bisa masuk kembali ke dalam aplikasi Google Messages, Anda harus menghapus media yang tidak berguna.

Ada Masalah Pada Koneksi Jaringan

Selain karena penyimpanan yang penuh, Google Messages mungkin tidak memunculkan pesan baru karena koneksi jaringan yang buruk. Untuk mengetahui apakah hal ini menjadi masalah, Anda perlu mencari tahu apakah koneksi jaringan di perangkat Anda stabil.

Anda bisa mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik, lalu menonaktifkan kembali mode pesawat dan menunggu hingga koneksi jaringan dari data muncul kembali. Biasanya, cara sederhana ini bisa membuat koneksi jaringan menjadi stabil kembali.