Perbedaan Radang Tenggorokan dan Amandel, Kenali Penyebab dan Gejala-gejalanya

YOGYAKARTA - Radang tenggorokan merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami oleh sebagian orang. Penyakit lain di area leher yang juga terkadang dikeluhkan adalah amandel. Meski gejalanya sama-sama di area leher, namun ada perbedaan radang tenggorokan dan amandel. 

Baik radang tenggorokan maupun amandel sama-sama sangat mengganggu kenyamanan. Ketika mengalami dua masalah kesehatan ini, penderita akan merasa tidak nyaman saat makan atau menelan sesuatu. Apalagi jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama atau berhari-hari. 

Seseorang dapat mengalami radang tenggorkan tanpa terjadi radang amandel. Namun di samping itu, seseorang mungkin bisa mengalami kedua penyakit ini secara bersamaan. Lantas apa saja perbedaan radang tenggorokan dan amandel yang penting untuk dipahami?

Perbedaan Radang Tenggorokan dan Amandel

Seringkali orang-orang salah mengira antara gejala radang tenggorokan dan radang amandel lantaran sama-sama di area leher. Agar tidak salah mendeteksi masalah kesehatan ini, kenali perbedaan radang tenggorokan dan amandel berikut ini:

Penyebab Radang Tenggorokan dan Amandel

Infeksi oleh virus dan bakteri adalah penyebab umum dari radang tenggorokan dan radang amandel. Virus dan bakteri ini menyebabkan gejala seperti batuk, pilek, serta flu pada penderita radang tenggorokan dan amandel.

Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada tenggorokan. Penyebab satu-satunya dari radang tenggorokan adalah karena bakteri streptococcus kelompok A. Tidak ada bakteri atau virus lain yang menyebabkan penyakit ini. 

Sementara itu, radang amandel (tonsilitis) mempengaruhi kelenjar tonsil yang berfungsi sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh. Kelenjar ini berperan dalam menangkap dan membunuh kuman yang menyerang saluran pernapasan.

Tonsilitis dapat disebabkan oleh bakteri kelompok A Streptococcus, yang juga menyebabkan radang tenggorokan. Namun radang amandel juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus lainnya.

Gejala Radang Tenggorokan dan Amandel

Radang tenggorokan adalah kondisi peradangan yang terjadi pada faring, bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan bagi penderitanya, seperti rasa sakit dan panas yang membuat sulit untuk menelan.

Radang tenggorokan juga bisa menjadi indikasi bahwa Anda sedang mengalami demam atau flu. Meskipun sangat tidak nyaman, radang tenggorokan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar seminggu.

Beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan ketika sedang menderita radang tenggorokan, di antaranya:

  • demam tinggi
  • pegal lini sekujur tubuh
  • mual dan muntah
  • tampak amandel merah bengka dengan garis-garis putih nanah

Sementara itu, radang amandel terjadi ketika amandel mengalami peradangan. Amandel adalah dua kelenjar kecil di tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi, terutama pada anak-anak. Namun seiring bertambahnya usia, fungsi amandel berangsur-angsur digantikan oleh bagian lain dari sistem kekebalan tubuh dan amandel akan menyusut seiring waktu.

Sejumlah gejala yang bisa terjadi karena penyakit radang amandel yakni sebagai berikut:

  • demam
  • leher kaku
  • sakit perut
  • perubahan warna putih atau kuning di sekitar amandel

Kondisi radang tenggorokan dan amandel memang memiliki gejala-gejala yang serupa. Ini merupakan hal yang wajar karena radang tenggorokan dianggap juga jenis radang amandel. Namun penderita radang tenggorokan memiliki gejala tamabahan yang berbeda. 

Kedua masalah kesehatan ini sama-sama menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di area leher, sakit tenggorokan, gangguan menelan, dan sakit kepala. Namun tetap bisa dibedakan kedua penyakit ini. Pada radang tenggorokan hanya tampak bintik merah di mulut. Sementara pada radang amandel akan tampak kemerahan di amandel. 

Demikianlah ulasan perbedaan radang tenggorokan dan amandel yang penting untuk dikenali. Apabila Anda mengalami gejala-gejala di atas dan belum hilang dalam waktu beberapa hari, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Baca juga obat radang tenggorokan alami

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.