Apakah Radang Tenggorokan Bisa Menular? Begini Cara Penyebaran dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Radang tenggorokan adalah infeksi tenggorokan dan amandel yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A‌.‌ Berbeda dengan pilek yang biasanya disebabkan oleh virus. Tapi sama seperti flu biasa, radang tenggorokan bisa menyebar dengan cepat, terutama di kalangan anak-anak.

“Seperti halnya penyakit yang ditularkan melalui udara lainnya, radang tenggorokan sangat menular,” kata Louis Morledge, MD, ahli penyakit dalam di Rumah Sakit Northwell Lenox Hill di New York City, dilansir dari Livestrong, Selasa, 27 Februari.

Selain sakit tenggorokan, radang amandel juga bisa menyebabkan demam dan pembengkakan amandel, sering kali ditutupi bercak putih. Beberapa orang dengan radang juga mengalami sakit perut, mual atau muntah, atau ruam merah (terutama di bawah lengan), menurut American Academy of Family Physicians. Berbeda dengan pilek, penyakit ini biasanya tidak menyebabkan batuk, pilek, atau hidung tersumbat.

Bagaimana Radang Tenggorokan Menyebar

Radang berpindah dari satu orang ke orang lain melalui cairan droplet yang mengandung bakteri penyebab radang. Jika Anda berada di dekat orang yang terinfeksi ketika mereka batuk atau bersin. Anda dapat tertular radang dengan menghirup tetesan yang mengandung bakteri, Dr. Morledge menjelaskan.

Droplets juga bisa hinggap ke permukaan seperti meja, gagang pintu, atau gagang keran. Jika Anda menyentuh permukaan yang terinfeksi lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata, bakteri tersebut dapat membuat Anda sakit, tambahnya. Berbagi cangkir, perkakas, atau piring dengan seseorang yang terinfeksi juga dapat menyebarkan radang.

Orang sering menyebarkan radang tanpa menyadarinya. Itu karena meskipun infeksi memerlukan waktu dua hingga lima hari untuk menyebabkan sakit tenggorokan dan gejala lainnya. Anda dapat menularkan bakteri tersebut ke orang lain bahkan sebelum Anda merasa sakit, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Berapa Lama Radang Tenggorokan Berlangsung?

Diperlukan waktu hingga lima hari untuk mulai merasakan gejala setelah tertular radang. Begitu Anda mulai merasa sakit, diperlukan waktu tujuh hingga 10 hari agar gejala Anda hilang sepenuhnya dengan pengobatan, menurut Klinik Cleveland.

Meskipun demikian, Anda akan melihat peningkatan besar dalam waktu 12 hingga 24 jam setelah konsumsi antibiotik (seperti amoksisilin), yang biasanya diresepkan untuk infeksi bakteri radang. Jika sudah tidak lagi demam, Anda diperbolehkan untuk kembali ke sekolah atau bekerja, menurut CDC.

Mencegah Penyebaran Radang

Meskipun radang sangat menular, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap sehat dan menghindari penyebaran kuman jika Anda sakit.

Yang terpenting, rajinlah mencuci tangan, terutama setelah bersentuhan dengan permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu atau keran. Atau setelah merawat anggota keluarga yang sakit.

Cobalah tidak menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda. “Yang diperlukan hanyalah satu detik untuk menyentuh permukaan yang terinfeksi dan kemudian wajah Anda untuk menularkan bakteri tersebut ke diri Anda sendiri,” kata Dr. Morledge.

Terakhir, batasi kontak Anda dengan orang sakit sebanyak mungkin, saran Dr. Casey. Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya menghindari pasangan, teman sekamar, atau anak yang sakit. Namun Anda dapat mengambil cuti sakit atau jika ada anggota rumah tangga Anda yang merasa tidak enak badan.