Irish Bella hingga Syahrini Unggah Poster All Eyes On Papua, Bentuk Dukungan untuk Papua

JAKARTA - Selebritas Indonesia kini sedang gencar mengunggah tagar All Eyes On Papua di akun instagram pribadi masing-masing hingga menjadi obrolan hangat di media sosial X atau Twitter.

Sebafai informasi, tagar tersebut merupakan bentuk dukungan kepada warga Papua yang sedang memperjuangkan hak mereka atas penyerobotan hutan adat yang akan dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit.

Melihat hal ini, sejumlah artis tanah air terlihat menyuarakan dukungannya. Mereka ramai-ramai membagikan sebuah poster dukungan untuk masyarakat Papua.

Beberapa artis yang terlihat ikut mendukung ialah Irish Bella, Nikita Mirzani, Jessica Mila hingga Syahrini.

Poster bertuliskan All Eyes on Papua ini sendiri dibagikan melalui fitur add yours di media sosial Instagram. Fitur ini memungkinkan orang untuk mengunggah foto yang sama sehingga menjadi sebuah pesan berantai.

Secara garis besar, poster tersebut bertuliskan seruan mengenai adanya 36 ribu hektar di Boven Digul Papua yang akan dibangun perkebunan sawit oleh PT Indo Asiana Lestari.

"Just in case buat yang belum tau, jadi hutan di Papua tepatnya di Boven Digul Papua yang luasnya 36 ribu hektar atau lebih dari separuh luas Jakarta, akan dibabat habis dan dibangun perkebunan sawit oleh PT Indo Asiana Lestari," bunyi pesan poster tersebut dikutip VOI, Selasa, 4 Juni.

Sebelumnya, pada 27 Mei, masyarakat adat suku Awyu di Boven Digoel, Papua Selatan dan Suku Moi di Sorong, Papua Barat Daya mendatangi Mahkamah Agung untuk menolak pembabatan hutan ini.

Pasalnya hutan ini ialah hutan adat tempat mereka & hidup secara turun temurun, serta sumber penghidupan, pangan, budaya, dan sumber air akan hilang jika hutan ini dibangun perkebunan sawit.

"Selain berpotensi menghilangkan hutan alam, proyek perkebunan sawit ini juga menghasilkan emisi 25 juta ton CO2. Jumlah emisi ini sama dengan menyumbang 5% dari tingkat emisi karbon tahun 2030," lanjut.

"Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh seluruh warga Papua, tetapi berdampak ke seluruh dunia, Maka dari itu, ayo kita bantu menyuarakan hak-hak warga Papua dan dukung terus perjuangan suku Awyu dalam mempertahankan hutan adat mereka," tandas poster tersebut.