Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski banyak digaungkan di media sosial Instagram, belum semua warganet tahu apa maksud dari All Eyes of Rafah. Slogan tersebut bahkan dibagikan oleh para pesepakbola dunia, artis, hingga kalangan warganet lainnya.

Apa Maksud dari All Eyes of Rafah

Ditinjau dari kata, All Eyes of Rafah artinya “Semua Mata Tertuju pada Rafah”. Sedangkan Rafah sendiri merupakan sebuah kota yang letaknya ada di sebelah selatan Jalur Gaza, Palestina.

Slogan All Eyes on Rafah memang berkaitan erat dengan peristiwa di Palestina. Terbaru, Israel memperluas serangan ke Palestina tepatnya Rafah dengan mengirimkan brigade tempur. Dalam serangan tersebut militer Israel melakukan serangkaian serangan hingga menewaskan warga sipil, bahkan menewaskan korban bayi dan anak-anak.

Serangan keji Israel di Rafah, Jalur Gaza mendapat reaksi keras dari warga dunia. Tak hanya di dunia nyata, aksi militer zionis yang menewaskan warga sipil dan anak-anak, bahkan bayi, Palestina itu juga mendapat kecaman di dunia maya dengan slogan “All Eyes on Rafah” (Semua Mata Tertuju pada Rafah) menjadi tren di media sosial.

Kekejaman tentara Israel ke kota Rafah, Palestina mulai menuai simpati warga dunia pada Februari 2024. Dari situlah slogan All Eyes on Rafah muncul, diduga penggaungan slogan tersebut pertama kali dilakukan oleh Rick Peeperkorn, direktur Kantor Wilayah Pendudukan Palestina di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Slogan tersebut secara tidak langsung mengajak kepada semua orang di dunia untuk tahu kekejaman tentara Israel di kota tersebut sekaligus mengawasi tindakan mereka. Tak sampai situ, slogan tersebut juga jadi bentuk kritik terhadap rezim zionis Israel atas tindakan genosida terhadap warga Palestina.

Cara Membagikan Slogan All Eyes of Rafah

Slogan All Eyes of Rafah saat ini tengah ramai di media sosial khususnya Instagram. Banyak tokoh dunia ikut menyuarakan slogan tersebut. Bahkan seruan semakin luas setelah Israel dikabarkan melakukan serangan udara terhadap tenda pengungsi Palestina yang ada di Rafah pada Senin, 27 Mei 2024.

Tenda pengusian rakyat Palestina di kawasan Rafah, Jalur Gaza bagian selatan, digempur sampai terbakar. Puluhan korban jiwa berjatuhan, mayoritas perempuan dan anak-anak. Serangan masih berlanjut pada Selasa (28/5), kembali menjatuhkan banyak korban.

Cara membagikan slogan All Eyes of Rafah di story Instagram cukup mudah yakni sebagai berikut.

  • Masuk ke aplikasi Instagram
  • Cari storygram following yang menggaungkan slogan All Eyes of Rafah
  • Setelah itu klik “Add yours”
  • Pengguna bisa menggunakan template all eyes on Rafah yang bisa digunakan
  • Klik “Your story” atau “Share”.

Pembagian slogan All Eyes of Rafah sebagai bentuk protes kepada Israel untuk segera menghentikan serangan segera. Tidak hanya dianggap kejam, penyerangan Israel juga dianggap menjadi bentuk pelanggaran terhadap putusan Mahkamah Internasional. Hingga Selasa, 28 Mei, serangan Israel di Rafah masih terus dilakukan.

Itulah informasi terkait apa maksud dari All Eyes of Rafah. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.