MU Dekati Xavi di Tengah Ketidakpastian Nasib Ten Hag

JAKARTA -Manchester United dilaporkan telah melakukan pendekatan mengejutkan kepada mantan pelatih Barcelona, Xavi Hernandez,  di tengah ketidakpastian yang terus-menerus mengenai masa depan Erik ten Hag.

Meski berhasil membawa Manchester United menang 2-1 atas Manchester City di final Piala FA dan meraih trofi kedua dalam dua musim di Old Trafford, posisi Ten Hag masih jauh dari aman.

Laporan sebelum final Piala FA menyatakan bahwa Sir Jim Ratcliffe berencana untuk memecat pelatih asal Belanda itu terlepas dari hasil di Wembley. Namun, hingga saat ini, Ten Hag masih menjabat.

Ten Hag, yang kontraknya masih tersisa satu tahun, telah berulang kali menegaskan bahwa ia tenang tentang situasinya dan menyarankan bahwa INEOS merencanakan masa depan dengan dia sebagai pelatih.

Namun, setelah melihat Manchester United mengalami musim terburuk di Liga Premier dan tersingkir lebih awal dari Liga Champions, Ten Hag diduga tidak dianggap sebagai solusi jangka panjang, dan konsensusnya adalah bahwa ia akan dipecat dalam beberapa minggu mendatang.

Man United Dekati Xavi

Saat hierarki Manchester United mencari pengganti potensial, AS mengklaim bahwa kontak "sangat informal" telah dilakukan dengan Xavi, yang dipecat oleh Barcelona pada akhir musim 2023-24.

Pelatih pemenang La Liga itu awalnya mengungkapkan rencananya untuk pergi pada Januari dan menegaskan selama berbulan-bulan bahwa ia tidak akan mengubah pikirannya, hanya untuk kemudian melakukan putar balik setelah berbicara dengan presiden Joan Laporta.

Beberapa minggu setelah masa tinggal Xavi dikonfirmasi, ia membuat marah Laporta dengan komentar tentang situasi keuangan klub, yang mengarah pada pemecatannya dan penunjukan Hansi Flick sebagai penggantinya.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Manchester United telah menghubungi Xavi untuk menanyakan ketersediaannya, meskipun AC Milan dan Ajax - yang menghubungi pada Januari setelah pengunduran dirinya - juga tertarik.

Selain itu, tim nasional Korea Selatan dilaporkan telah menawarkan Xavi kesempatan untuk memimpin tim pada Piala Dunia 2026, tetapi harapan mereka dan ketiga klub yang tertarik kemungkinan besar akan kecewa.

Laporan tersebut menambahkan bahwa Xavi berencana untuk mengikuti strategi Jurgen Klopp dengan mengambil cuti selama satu tahun sebelum memutuskan tujuan berikutnya, sehingga menutup peluang Manchester United untuk merekrutnya sebagai pengganti langsung Ten Hag.

Chelsea juga dikaitkan dengan Xavi sebagai pengganti Mauricio Pochettino, namun mereka kini hampir merekrut Enzo Maresca dari Leicester City.

Kandidat Manajer Manchester United

Xavi tidak pernah dianggap sebagai kandidat serius untuk pekerjaan di Manchester United, namun hal ini berbeda dengan Kieran McKenna dari Ipswich Town, yang telah menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan tim promosi Liga Premier tersebut.

Sebaliknya, pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate dipercaya berada di puncak daftar keinginan Ratcliffe, sementara spekulasi terus berlanjut mengenai kemungkinan Thomas Tuchel mengambil alih setelah kepergiannya dari Bayern Munchen.

Kontak dilaporkan telah dilakukan dengan perwakilan Roberto De Zerbi, dan nama Pochettino juga mencuat sejak kepergian mengejutkan pelatih asal Argentina itu dari Chelsea.