Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong (STY) mengedepankan peningkatan performa dan fisik pemain ketika uji coba melawan Tanzania.

Indonesia dijadwalkan menjamu Tanzania di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Minggu, 2 Juni besok. Pemain-pemain sudah melakukan berbagai persiapan untuk laga ini.

STY mengatakan bahwa ia tidak mau memusingkan hasil dari pertandingan tersebut melainkan agar pemain-pemainnya bisa lebih siap saat melawan Irak di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Untuk pertandingan besok, lebih penting meningkatkan performa dan uji coba untuk fisik pemain sehingga bisa bermain melawan Irak selama 90 menit. Dibanding melihat hasil,” kata dia.

Setelah melawan Tanzania, timnas Indonesia akan melakoni pertandingan lanjutan Grup F dari putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 6 Juni nanti.

Pasukan Garuda yang saat ini menduduki posisi kedua di klasemen sementara grup, cuma membutuhkan satu kemenangan lagi untuk maju ke putaran ketiga sekaligus menyegel tiket Piala Asia 2027.

Shin mengatakan bahwa dirinya tidak melakukan analisis yang mendalam terhadap kekuatan Tanzania untuk laga besok karena memang yang ia inginkan adalah pemain bisa dimatangkan.

“Semua fokus adalah untuk tanggal 6 melawan Irak. Besok kami akan memgecek kondisi pemain seperti apa. Kami tidak akan melihat hasil besok, tapi tetap berharap terbaik,” ujar dia.

Pada bentrok pertama melawan Irak, Indonesia menelan kekalahan telak 5-1. Jadi, seandainya kalah melawan Irak di pertemuan kedua, Pasukan Garuda tetap masih memiliki satu kesempatan untuk menembus putaran ketiga.

Kesempatan itu adalah melawan Filipina pada 11 Juni nanti di tempat yang sama. Di duel pertama saat Filipina menjadi tuan rumah, tim STY cuma mencuri satu angka setelah bermain seri 1-1 di Stadion Rizal Memorial.