Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut agenda uji coba melawan Tanzania merupakan laga penting. Momen itu jadi sarana sang pelatih memastikan kondisi anak asuhnya jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia dan Tanzania akan bertemu di laga uji coba pada Minggu, 2 Juni 2024, di Stadion Madya, Jakarta. Agenda itu akan dimanfaatkan sang pelatih untuk melihat kondisi pemain yang menurun.

Hal itu dikatakan Shin Tae-yong karena sesuai dengan situasi para pemain yang baru saja menyelesaikan kompetisi di luar negeri maupun Liga 1.

"Saat ini pemain banyak yang baru dari liburan. Di liga-liga Eropa dan Liga Indonesia pun sama, istirahat. Jadi performa pasti menurun," ucap Shin Tae-yong dalam keterangannya dikutip Rabu, 29 Mei 2024.

"Jadi, memang cocok pikiran saya dan PSSI (soal situasi pemain) sehingga akhirnya membuat pertandingan melawan Tanzania," tutur sang pelatih.

Tujuan utama Shin Tae-yong ingin menjadikan laga kontra Tanzania sebagai sarana memantau kondisi pemain. Jadi, pelatih asal Korea Selatan itu tak akan mematok target tinggi.

"Di luar hasil menang atau kalah, tujuan saya untuk mengecek kondisi pemain seperti apa," ujarnya.

Skuad Garuda sudah dipastikan tidak akan turun dengan kekuatan terbaik saat melawan Tanzania. Soalnya, Jay Idzes dan Justin Hubner dipastikan absen untuk pertandingan tersebut.

STY mengatakan Hubner baru akan bergabung setelah memperkuat Cerezo Osaka pada 2 Juni 2024. Lalu, Jay Idzes bahkan sudah pasti absen melawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena baru akan bergabung pada 5 Juni 2024.

Terlepas dari kondisi itu, laga kontra Tanzania jadi persiapan Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan butuh satu kemenangan di dua laga yang digelar 6 dan 11 Juni 2024 untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.