Bagikan:

JAKARTA - Jordi Amat disiapkan sebagai salah satu penggawa Timnas Indonesia senior. Pelatih Shin Tae-yong telah mengkonfirmasi sang pemain bertahan akan tampil dalam pertandingan uji coba melawan timnas Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu, 2 Juni nanti.

Meski baru bergabung dengan skuad Garuda pada Jumat, 31 Mei, Jordi Amat bakal siap turun ke lapangan. Namun STY mengatakan untuk Justin Hubner yang akan bergabung hari ini masih menunggu keputusan dari hasil diskusi bersama nanti malam untuk kemungkinan akan langsung diturunkan saat menghadapi Tanzania.

"Untuk Jordi (Amat), sampai di Indonesia semalam (Jumat malam), dan untuk Justin (Hubner) sampai di Indonesia hari ini. Untuk pertandingan besok, kemungkinan besar Jordi akan bermain dan untuk Justin setelah sampai di Indonesia akan melakukan pertemuan bersama. Setelah itu akan diputuskan dia bermain atau tidak," ujar Shin Tae-yong alam konferensi pers sebelum pertandingan di Jakarta, dilansir dari ANTARA, Sabtu.

Sementara itu Calvin Verdonk yang belum selesai menjalani proses menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dipastikan tidak dapat tampil melakoni debut saat skuad Garuda menghadapi Tanzania. Verdonk memang telah bergabung dalam pemusatan latihan sejak Jumat (31/5) namun STY mengkonfirmasi bahwa pemain klub Liga Belanda, NEC Nijmegen tersebut belum dapat tampil karena tidak memiliki paspor Indonesia.

"Calvin (Verdonk) tidak bisa bermain (melawan Tanzania) karena belum dapat paspor (Indonesia)," ujar Shin Tae-yong.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut menganggap bahwa pertandingan uji coba besok merupakan ajang untuk meningkatkan dan mengembalikan kondisi fisik para pemain pasca menjalani proses libur sebelum menatap Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Untuk pertandingan besok, tentunya lebih penting meningkatkan performa dan sebagai uji coba fisik para pemain agar bisa bermain melawan Irak dengan 90 menit penuh. Daripada melihat hasil besok seperti apa," kata STY.