Shin Tae-yong Berharap 3 Pemain Naturalisasi Bisa Tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, Jordi Amat dan Sandy Walsh Diajak Latihan Bareng
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui sangat berharap tiga pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi bisa bergabung dan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung 8-14 Juni 2022 di Kuwait. Tiga pemain itu adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Shin Tae-yong mengatakan, mereka masuk dalam rencana utama. Untuk itu, dia sangat berharap PSSI dan pemerintah bisa segera menyelesaikan proses naturalisasi ketiganya agar bisa didaftarkan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Mereka ada dalam 'plan' A saya. Saya minta tolong kepada pemerintah untuk mempercepat naturalisasi mereka," ujar Shin, seperti dikutip Antara. "Menpora dan Ketua Umum PSSI mengatakan bahwa mereka membantu agar naturalisasi itu dipercepat."

Meski masuk dalam rencana A, pelatih asal Korea Selatan itu tetap siap jika ketiganya tak bisa diikutsertakan dalam babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Andai mereka tidak bergabung ke tim, kami tetap menyiapkan skuad dengan maksimal," tutur Shin.

Meski belum bisa dipastikan apakah bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, Jordi Amat dan Sandy Walsh mendapatkan ajakan dari mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu untuk berlatih bersama skuadnya.

"Kalau memang memungkinkan, saya mau mereka berlatih bersama timnas," tuturnya.

Timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Bandung mulai Jumat, 27 Mei. Ini sebagai persiapan menuju laga persahabatan FIFA kontra Bangladesh, Rabu, 1 Juni, mendatang, yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Jordi dan Sandy memang berpeluang untuk mengikuti latihan tersebut karena keduanya tengah berada di Indonesia. Mereka tengah menunggu penyelesaian pewarganegaraan menjadi WNI agar dapat membela tim nasional Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan Skuad Garuda dalam latihan, Jordi mengaku akan sangat senang melakukannya.

Menurut Jordi, latihan bisa menambah level kebugaran fisik yang terus dijaganya dengan berlatih rutin secara individu di kediamannya di Barcelona, Spanyol, seiring sudah tuntasnya Liga Belgia musim 2021-2022.

Akan tetapi pesepak bola berkewarganegaraan Spanyol itu mau memastikan terlebih dahulu apakah secara legal dia dapat mengikuti latihan tim nasional Indonesia atau tidak.

"Semoga semua proses selesai dan saya bisa segera bergabung ke skuad," tutur Jordi Amat.