Bagikan:

JAKARTA - Manchester United segera melakukan cuci gudang pemain. Tidak kurang tujuh pemain diobral demi mendapatkan dana yang digunakan untuk membeli pemain. Namun MU terancam kehilangan kapten Bruno Fernandes dan pemain sayap Jadon Sancho yang sudah dibidik Paris Saint-Germain.

MU melakukan revolusi skuat setelah menuai kegagalan di musim lalu. Meski memenangi Piala FA, namun MU hanya menduduki peringkat delapan di Premier League Inggris.

Ini merupakan posisi terendah MU sejak kompetisi kasta tertinggi berganti menjadi Premier League. Kegagalan itu yang membuat manajer Eri ten Hag nyaris dipecat.

Namun Sir Jim Ratcliffe, pemilik saham minoritas MU, akhirnya mempertahankan Ten Hag. Terutama setelah menyaksikan penampilan ekselen MU saat mengalahkan Manchester City 2-1 di final Piala FA. Semula, Ratcliffe memang berencana memberhentikan eks pelatih Ajax Amsterdam. Namun sukses di Piala FA menjadi pertimbangan tersendiri Ratcliffe.

Ten Hag pun bergerak melakukan pembenahan agar MU lebih kompeten menghadapi musim 2024/2025. Pembelian Joshua Zirkzee dan Leny Yoro menjadi bagian dari rancangan perombakan skuat The Red Devils. Selanjutnya, MU mengincar bek Bayern Munchen Matthijs de Ligt.

Ten Hag, menurut CNN yang dikutip The Sun, tidak akan berhenti memburu pemain yang syaratnya berusia di bawah 25 tahun. Dia berharap bisa mendatangkan gelandang bertahan, bek tengah dan bek kanan. Untuk dua posisi terakhir, Ten Hag ingin menggaet duo Bayern, De Ligt dan Noussair Mazraoui.

Tak hanya mendatangkan pemain, Ten Hag pun siap melepas sebagian pemain. Tidak kurang Victor Lindelof, Aaron Wan-Bissaka dan Christian Eriksen bakal dilego. Apalagi mereka memasuki tahun terakhir dari kontraknya. MU memilih menjual ketimbang memperbarui kontrak mereka.

Selanjutnya, MU bakal menjual Harry Maguire, Scott McTominay, Jadon Sancho dan Antony bila harga penawaran sesuai dengan keinginan klub.

Meski terpaksa mengobral pemain dan bakal merugi, namun MU berpeluang menerima pemasukan hingga 324,5 juta poundsterling. Pemasukan itu sudah lebih dari cukup untuk mendatangkan sejumlah pemain.

MU sendiri sudah menerima pemasukan 30 juta poundsterling dari hasil penjualan Mason Greenwood. Klub Ligue 1 Perancis Marseille telah membeli Greenwood yang sebelumnya dipinjamkan ke Getafe.

Maguire memang menunjukkan performa cukup bagus saat MU kehilangan bek tengah Lisandro Martinez yang cedera. Namun kehadiran Yoro dan bila De Ligt bergabung, maka Maguire bakal kembali duduk di bench. Teranyar, Chelsea berminat memboyong bek timnas Inggris yang absen di Euro 2024 karena cedera ini.

Sementara, McTominay sudah dibidik Fulham. Meski penampilannya tak mengecewakan dan beberapa kali mencetak gol di laga krusial, namun gelandang bertahan Skotlandia ini tetap akan dilego Ten Hag. Hanya, MU menolak penawaran yang diajukan Fulham.

Begitu pula dengan Wan-Bissaka yang sudah ditawar West Ham United. Klub London ini mengajukan harga 15 juta poundsterling dan MU masih mempertimbangkannya.

Sancho sesungguhnya sudah berdamai dengan Ten Hag. Setelah kembali dari masa peminjaman Borussia Dortmund, Sancho sempat bertemu sang manajer. Dirinya pun kembali ke tim dan dibawa Ten Hag ke Amerika Serikat untuk mengikuti tur pramusim.

Meski demikian, Ten Hag tetap akan melepas Sancho bila mendapat penawaran terbaik. PSG dikabarkan sudah melakukan pendekatan untuk memboyong Sancho. Bahkan PSG sudah mencapai kesepakatan personal dengan pemain berusia 23 ini. Klub tinggal melakukan negosiasi pembelian Sancho dengan MU.

Ten Hag kemungkinan memanfaatkan transfer Sancho untuk mendapatkan gelandang bertahan PSG Manuel Ugarte. Pemain timnas Uruguay ini sudah masuk radar MU. Apalagi, usianya masih 23 sehingga memenuhi syarat yang ditetapkan Ratcliffe.

Persoalannya, PSG ternyata tidak hanya mengincar Sancho tetapi juga Fernandes. Pelatih PSG Luis Enrique memang tertarik mendatangkan gelandang timnas Portugal ini ke Paris.

Fernandes, sebelumnya, memang menyatakan tengah mempertimbangkan masa depannya di MU. Ini segera memunculkan rumor dirinya ingin pindah. Fernandes dikabarkan ingin mengikuti jejak seniornya, Cristiano Ronaldo, bergabung dengan Al Nassr. Namun, gelandang berusia 29 ini juga sudah didekati PSG.

Terakhir, PSG dan MU melakukan negosiasi perihal transfer Fernandes. MU siap melepas kaptennya tetapi bisa mendapatkan Xavi Simons.

Gelandang serang berusia 21 ini tampil impresif saat dipinjamkan ke RB Leipzig musim lalu. Simons juga bermain cemerlang saat memperkuat Belanda di Euro 2024

Hanya, MU harus bersaing dengan Bayern yang juga mengincar Simons. Bahkan Bayern terlihat cukup agresif dalam upaya membawa dia ke Bundesliga Jerman. Namun MU tak menyerah dan punya peluang mendapatkan Simons bila tak keberatan melepas Fernandes.