Gol Rashford-Sancho Lumat Leicester, Pertipis Selisih Poin dengan Man City
Duo penyerang Manchester United (Man Utd) Marcus Rashford dan Jadon Sancho (@ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Duo penyerang Manchester United (Man Utd) Marcus Rashford dan Jadon Sancho berhasil melumat tamunya Leicester City 3 gol tanpa balas di Stadion Old Trafford, Minggu 19 Februari dalam lanjutan Liga Inggris.

Berkat kemenangan ini Manchester United kian kukuh bertengger di posisi ketiga. Dengan koleksi 49 poin, Setan Merah kini mempertipis selisih dengan penghuni urutan kedua Manchester City menjadi hanya tiga poin. Sementara dengan pemimpin klasemen Arsenal, MU tertinggal lima poin.

Sementara dengan penghuni urutan keempat Newcastle United, Setan Merah unggul delapan poin. Kekalahan ke-13 ini membuat Leicester masih tercecer di urutan ke-14 dengan koleksi 24 poin.

Dengan dua gol dalam pertandingan ini Marcus Rashford telah mengoleksi 14 gol di Liga Inggris musim ini. Dia berarti selalu mencetak gol dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang yang diikuti Setan Merah. Sebelumnya, dia menjebol gawang Barcelona saat MU bermain imbang 2-2 di kejuaraan Liga Europa.

Rashford juga telah mengoleksi 16 gol dalam 17 pertandingan MU di semua ajang sejak pulang membela Inggris di Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan melawan Leicester, Rashford menjadi trio di belakang striker tunggal Wout Weghorst bersama Bruno Fernandes, Alejandro Garnacho.

Sementara kubu Leicester juga menerapkan formasi 4-2-3-1. Kelechi Iheanacho menjadi andalan di lini depan ditopang Tete, James Maddison, dan Harvey Barnes.

Pada menit kesembilan, Leicester memiliki peluang melalui aksi Harvey Barnes. Dia mendapat umpan dari Iheanacho dan melepaskan tendangan tepat ke gawang. Namun upayanya gagal membuahkan gol karena diselamatkan kiper.

Upaya MU menyerang sejak awal membuahkan hasil saat pertandingan baru memasuki menit ke-25. Marcus Rashford kembali mencetak gol setelah memaksimalkan umpan Bruno Fernandes.

Menit ke-36 MU nyaris menggandakan keunggulan. Diogo Dalot sudah berada di mulut gawang ketika mendapat umpan Bruno Fernandes. Namun dia gagal menjangkau umpan rekannya itu dengan sempurna. Sentuhan kaki kirinya gagal membuat bola melesak ke gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Di penghujung babak pertama Leicester nyaris menyamakan kedudukan. Usai mendapat sodoran, JAmes Maddison melepaskan tendangan namun melenceng hanya beberapa sentimeter di kanan gawang De Gea.

Saat babak kedua baru berjalan empat menit, MU mendapat peluang pertama setelah jeda. Tendangan bebas Luke Shaw disambut sundulan Lisandro Martinez yang gagal membuahkan gol karena terkena mistar.

Hanya satu menit kemudian, Rashford mendapat peluang. Dia berhasil merangsek kotak penalti dan melepaskan tendangan kaki kanan. Namun upayanya gagal membuah gol lantaran ditepis dengan paha kiri oleh kiper Danny Ward.

Dua gol yang dicetak Marcus Rashford dan Jadon Sancho kemudian membawa MU memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Gol yang kedua dan ketiga yang membawa tuan rumah unggul dilesakkan pada Marcus Rashford menit ke-58 serta Jadon Sancho pada menit ke-61.

Gol kedua berawal dari aksi Fred yang mengirim umpan terobosan. Bola kemudian dimanfaatkan Rashford dengan membawanya ke kotak penalti dan menaklukkan kiper dengan kaki kanan. Wasit sempat meminta bantuan VAR untuk memastikan gol karena Rashford terlihat offside. Namun VAR mengesahkan gol Rashford. MU unggul 2-0.

Sementara gol ketiga MU dilesakkan Jadon Sancho. Mantan pemain Borussia Dortmund ini menjebol gawang lawan setelah mendapat umpan dari Bruno Fernandes.

Gol berawal dari Liandro Martinez yang berhasil merebut bola dan menyodorkan bola kepada rekannya Weghorst. Pemain asal Belanda ini kemudian memberikan bola kepada Sancho yang bekerja sama satu-dua dengan Fernandes. Bola pengembalian dari Fernandes dimanfaatkannya untuk mencetak gol.

Menit ke-69 Sancho kembali mendapat mengancam gawang Leicester. Dia berhasil membawa bola hingga kotak penalti. Namun tendangannya diblok Wout Faes. Bola pantulan kembali mengarah kepada Sancho namun tendangan keduanya melambung.

Ten Hag memasukkan pemain berusia 17 tahun, Kobbie Mainoo, menggantikan Marcel Sabitzer pada menit ke-80. Wout Weghorst nyaris mencetak gol pertamanya di Premier League saat memanfaatkan umpan Sancho pada menit ke-89. Namun tendangan striker asal Belanda ini diblok kiper.

Saat injury time, Leicester nyaris memperkecil ketinggalan. James MAddison melepaskan tembakan kaki kiri yang tepat mengarah ke gawang. Namun tendangannya tepat berada dalam pelukan De Gea.

Tak ada gol tambahan hingga pertandingan usai. MU pun memetik kemenangan ke-15 di Premier League musim ini.