Tips Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit Agar Tidak Belang dan Tetap Matching

YOGYAKARTA – Memaksakan menggunakan bedak tanpa mempertimbangkan warna kulit adalah kesalahan. Pemilihan dengan cara tersebut diyakini akan merusak kecantikan kulit Anda. Disarankan untuk tahu apa saja tips memilih bedak sesuai warna kulit.

Tips Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit

Fungsi bedak untuk riasan cukup penting karena akan berdampak pada banyak hal, misalnya ketahanan makeup. Bahkan  bedak ikut menentukan apakah warna riasan bisa diaplikasikan secara rata di wajah atau tidak. Pemilihan bedak yang keliru tanpa memperhatikan warna kulit akan membuat warna kulit jadi terlihat belang sehingga cukup mengganggu penampilan.

Dilansir dari Beauty Relay, berikut ini tips memakai bedak menyesuaikan kulit.

  • Kulit warna putih cenderung pucat disarankan untuk mengenakan bedak tabur dengan warna dasar peachy atau pink
  • Kulit warna sedang disarankan menggunakan bedak dengan rona kuning atau warna cenderung emas
  • Kulit warna gelap disarankan menggunakan bedak tabur dengan warna bronzy.

Cara Menggunakan Bedak Agar Makin Cantik

Penggunaan bedak tabur yang terlalu terang pada kulit gelap akan membuat wajah pucat. Tentu Anda tidak ingin berpenampilan demikian. Namun jika memilih bedak yang terlalu gelap pada kulit terang juga mengganggu penampilan. Selain mempertimbangkan warna kulit, cara menggunakan bedak juga patut dipertimbangkan.

Dilansir dari Graftobian, sebelum mengaplikasikan bedak tabur perhatikan dulu penggunaan alas bedak atau foundation. Produk tersebut berfungsi sebagai alas sehingga warna kulit wajah akan terlihat rata. Untuk hasil maksimal, pilihlah foundation dan bedak yang sesuai.

Disarankan untuk menggunakan merk foundation dan bedak yang sama sehingga perbedaan tidak terlalu jauh. Pemilihan foundation dan bedak satu merk akan menghindarkan Anda menggunakan warna yang berbeda karena biasanya warna yang dihasilkan tiap produsen tetap punya perbedaan meski sangat sedikit.

Selain itu sesuaikan foundation dan bedak dengan kondisi kulit. Misalnya, jika kulit wajah mudah berminyak pilihlah produk mattifying yang membantu menekan minyak terlalu banyak.

Sedangkan untuk kulit kering disarankan tidak menggunakan bedak tabur dengan hasil matte karena produk tersebut makin mengesankan wajah kering. Sebagai gantinya coba gunakan bedak padat berbahan dasar krim atau produk yang mampu memberikan kelembapan.

Untuk kulit sensitif usahakan menghindari bedak yang mengandung bahan pengawet berbahaya, pewangi, dan bahan yang mampu mengiritasi kulit.

Yang harus diperhatikan dalam memilih bedak adalah agar memilih produk non-komedogenik yakni tidak mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori-pori di kulit wajah. Tidak hanya pada bedak, produk non-komedogenik juga disarankan pada bahan lain. Simak rekomendasi minyak esensial non-comedogenic untuk menjaga kulit tetap lembap.

Itulah tips memilih bedak sesuai warna kulit. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.