Singapura Open 2024: Anthony Ginting Tumbang, Gregoria Menang

JAKARTA – Tunggal putra Indonesia di Singapura Open 2024 dipastikan habis. Anthony Sinisuka Ginting tumbang pada 16 besar.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 dan unggulan ketujuh turnamen itu ditekuk oleh wakil Malaysia, Leong Jun Hao, melalui laga tiga gim, 14-21, 21-10, dan 8-21, pada Kamis, 30 Mei 2024, petang WIB.

"Pertandingan yang cukup sulit hari ini, saya banyak melakukan kesalahan sendiri. Tidak bisa mengatasi kendala yang ada di lapangan. Sebaliknya, Leong bermain dengan baik," ujar Ginting usai laga.

Ginting melanjutkan bahwa selain banyak melakukan kesalahan, angin dan shuttlecock juga menjadi kendala dalam laga tersebut.

"Ketika menang angin harus bagaimana, ketika kalah angin harus bagaimana, sedangkan poin terus berjalan. Saya tidak bisa mengambil keputusan itu dengan cepat," ujar dia.

Atlet asal Jawa Barat tersebut menyebut hasil ini akan menjadi evaluasi buat dirinya agar persiapan ke Olimpiade Paris 2024 bisa lebih sempurna.

"Pastinya harapan saya dari turnamen sebelum Olimpiade Paris 2024 adalah memperbaiki performa. Setidaknya ada performa yang saya sendiri puas. Itu pasti meningkatkan kepercayaan diri. Saya ingin dapat performa terbaik untuk modal ke Paris," ujar dia.

Kekalahan Ginting membuat Indonesia tidak punya wakil tunggal putra lagi di Singapura Open 2024. Sebelumnya, Chico Aura Dwi Wardoyo sudah terlebih dahulu menelan kekalahan.

Pada pertandingan lainnya, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung berhasil mengalahkan lawannya Pai Yu Po untuk mencapai babak perempat final.

Juara dunia junior 2017 tersebut merupakan wakil kedua yang ke delapan besar. Dia mengikuti jejak ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang lolos tanpa berlaga karena lawan mundur.