Cadillac Kenalkan Optiq 2025, Model Paling Terjangkau di Jajaran Mobil Listrik Cadillac

JAKARTA - Cadillac resmi memperkenalkan Optiq, SUV listrik terbaru yang disebut akan menjadi model paling terjangkau di jajaran mobil listrik Cadillac.

Dalam rilis pabrikan, 30 Mei, Optiq dijadwalkan meluncur akhir tahun ini dan akan ditawarkan dalam dua varian: Sport dan Luxury.

“Cadillac selalu mendefinisikan kemewahan Amerika, dan OPTIQ adalah contoh bagaimana semangat kami yang berani dan inovatif mendorong kami menuju masa depan kendaraan listrik,” kata John Roth, wakil presiden, Global Cadillac. 

Ia menambahkan jika lima tahun terakhir, Cadillac memiliki 1 juta pelanggan baru di seluruh dunia, sementara persentase pembeli muda disebut meningkat sebesar 5 persen di AS. 

“OPTIQ akan menjadi pintu gerbang penting untuk menarik pembeli kendaraan listrik mewah ke Cadillac seiring dengan upaya kami untuk mencapai tujuan ini. menawarkan portofolio listrik sepenuhnya pada akhir dekade ini,” ungkapnya. 

SUV berukuran sedang ini dibangun di atas platform Ultium milik GM dan hanya tersedia dalam model dual-motor all-wheel-drive. Optiq ditargetkan memiliki jangkauan hingga 300 mil (sekitar 483 km) berkat baterai 85 kWh. Angka tersebut merupakan estimasi awal dan perkiraan jarak tempuh EPA yang sebenarnya akan diumumkan mendekati waktu peluncuran.

Optiq menghasilkan tenaga 300 hp dan torsi 480 Nm, cukup untuk membuatnya lincah bermanuver di perkotaan. 

Dengan harga awal 54.000 dolar AS (sekitar Rp877 juta, Optiq akan bersaing dengan sejumlah crossover dan SUV listrik lain di kelas yang sama. Namun, Cadillac Optiq menawarkan pengalaman berkendara dan interior yang berbeda.

Beberapa fitur yang menjadi pembeda antara lain:

  • Atap kaca permanen
  • Pengisian cepat DC yang dapat menambah daya hingga 79 mil (sekitar 127 km) dalam 10 menit
  • Pengereman regeneratif yang dapat disesuaikan
  • Kabin penumpang baris kedua dan ruang kargo yang luas (klaim terbaik di kelasnya)

Desain interior Optiq didominasi layar sentuh LED berukuran 33 inci. Cadillac juga menggunakan material PaperWood veneer dan kain aksen yang dibuat dari benang hasil daur ulang.

Sistem bantuan pengemudi Super Cruise dari GM akan menjadi fitur standar, bersama dengan sistem audio 19-speaker AKG dan Dolby Atmos.

Perlu menunggu informasi lebih lanjut tentang fitur dan harga trim yang akan diumumkan mendekati peluncuran resminya. Produksi Optiq sendiri baru akan dimulai musim gugur mendatang.