Microsoft Phone Link Hadirkan Kemampuan Mengambil Teks dari Foto

JAKARTA – Microsoft akan meluncurkan fitur Pengenalan Karakter Optik (OCR) di Phone Link dalam waktu dekat. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengambil atau menyalin teks dari gambar yang diinginkan.

Dilansir dari Windows Central, fitur OCR bisa diakses melalui aplikasi Phone Link yang ada di komputer. Oleh karena itu, fitur ini tidak memiliki batasan perangkat yang kompatibel atau bergantung pada jenis ponsel tertentu.

Fitur menyalin teks secara langsung dari gambar akan tersedia di Phone Link versi 1.24051.91.0. Untuk saat ini, pengguna bisa mencoba fiturnya melalui Insider Preview Build versi 22635.3646 di dalam Saluran Rilis Cepat.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu membuka gambar apa pun di bagian Foto melalui aplikasi Phone Link. Kemudian, klik ikon dengan label teks di deretan menu. Setelah diklik, Phone Link akan mendeteksi seluruh teks di dalam gambar.

Setelah teks terdeteksi, pengguna akan melihat opsi memilih semua teks atau menyalin semua teks. Saat mengeklik opsi kedua, teks akan langsung tersalin dan pengguna bisa menempelkan teksnya di aplikasi apa pun.

Sejauh ini, menurut pengujian The Verge, fitur OCR bekerja dengan cukup baik, tetapi masih ada beberapa kesalahan. Bahkan, kesalahan ini jauh lebih banyak dibandingkan ekstrator teks yang dikembangkan oleh Samsung atau Apple.

Terlepas dari kekurangannya, fitur ini masih diuji oleh Microsoft hingga beberapa waktu ke depan. Jika pengujiannya berjalan dengan baik, fitur OCR untuk menyalin teks ini mungkin akan dirilis ke publik dalam waktu dekat.