OJK Ungkap Masih Ada 138 Perusahaan Mau IPO Tahun Ini

JAKARTA - Kepala Eksekutif Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inarno Djajadi menuturkan penghimpunan dana di pasar modal masih dalam tren yang positif hingga April 2024.

Meskipun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami koreksi 0,75 persen secara tahunan. Namun, pengumpulan dana mencapai Rp77,64 triliun dengan IPO sebanyak 17 emiten baru dan masih ada 138 perusahaan yang akan listing tahun ini.

"Penghimpunan dana di pasar modal tren positif Rp77,64 triliun dengan 17 emiten baru," ucap dia dalam konferensi pers secara daring, Senin (13/5).

Sementara itu, Inarno menyampaikan dalam pipeline OJK masih terdapat 138 rencana penawaran umum dengan nilai indikatif sebesar Rp54,33 triliun. Hal ini menunjukan tren penggalangan dana ke depannya masih tetap positif.

Inarno menyampaikan salah satu alasan pelemahan IHSG terjadi akibat adanya tekanan eksternal. "Tekanan di pasar saham global terdampak ke domestik dengan IHSG terkoreksi," ujarnya.

Sementara, nilai kapitalisasi pasar tercatat terkerek 3,45 persen menjadi Rp12.077 triliun dan sejak awal tahun asing masih mencatatkan beli bersih (net buy) sebesar Rp7,95 triliun.