Penyebab Kegagalan Liverpool di Liga Europa Versi Jurgen Klopp

JAKARTA - Liverpool tak layak lolos ke semifinal Liga Europa. Manajer Jurgen Klopp mengakui Liverpool gagal melakukan pressing atau tekanan ketat terhadap Atalanta di laga kedua perempat final. Namun ada penyebab utama kegagalan Liverpool versi Klopp.

Liverpool hanya menang 1-0 atas Atalanta dalam duel di Stadion Gewiss, Jumat, 19 April 2024 dini hari WIB. kemenangan itu belum cukup bagi The Reds untuk meraih tiket ke empat besar karena kalah agregat 3-1.

Kekalahan telak 3-0 di Anfield memang menyulitkan Liverpool untuk mengejar defisit gol. Namun di laga kedua itu, Liverpool sesungguhnya mendapat kesempatan melakukannya.

Terutama setelah Mohamed Salah mencetak gol dari titik penalti saat laga baru berjalan tujuh menit.

Ini seperti mengulang semifinal Liga Champions melawan Barcelona di Anfield pada 2019. Liverpool 3-0 pada laga di Camp Nou.

Namun pasukan Klopp mampu mengejar ketinggalan dan menghajar Barca 4-0. Ini diawali dengan gol Liverpool dari titik penalti di menit-menit awal pertandingan.

Hal itu yang tak bisa dilakukan Virgil van Dijk dkk saat menghadapi Atalanta. Menurut Klopp tim kurang tajam sehingga tak cukup mampu menekan lawan.

Klopp, lebih lanjut, mengatakan bila Liverool mampu mencetak gol kedua, peluang untuk mengejar ketinggalan menjadi lebih terbuka. Penantian gol kedua yang tak kunjung terwujud yang akhirnya membuat pemain frustrasi.

"Kai tidak kalah di pertandingan ini. Persoalannya kami menelan kekalahan telak di kandang sendiri. Kekalahan di kandang yang menjadi faktor penentu," ucap Klopp.

"Bila ada gol kedua itu sangat membantu kami. Di babak kedua, kami menciptakan peluang lebih banyak. Jelas, Anda memang butuh gol untuk merusak lawan," kata dia.

Klopp pun menilai Atalanta pantas lolos ke semifinal. Meski demikian, dirinya tetap puas dengan penampilan pemain asuhannya.

"Tak sulit untuk mengucapkan selamat kepada Atalanta. Mereka pantas lolos. Saat Anda menang agregat 3-1, berarti Anda pantas lolos," kata Klopp lagi.

"Tetapi saya suka permainan tim saya. Mereka menunjukkan komitmen, semangat dan kekuatan di pertandingan tersebut. Tetapi yang jelas kami memang harus lebih baik dalam mencetak gol," ucapnya.

Menurut Klopp kini Liverpool fokus dalam perebutan titel Premier League Inggris. Mereka masih bersaing ketat dengan Manchester City dan Arsenal.

Saat ini, Man City yang bertengger di puncak dengan mengantungi poin 73. Unggul dua poin dari Arsenal dan Liverpool.

"Kini kami fokus pada liga. Ini yang menjadi tugas kami. Jelas, kami akan melakukan segala upaya di kompetisi," kata dia menegaskan.