Bagikan:

JAKARTA - Pernah lihat motor gede alias moge dengan enam silinder? Honda Gold Wing adalah rajanya. Pada dapur pacu sepeda motor touring premium yang merupakan flagship big bike Honda di dunia ini hadir dengan mesin tangguh 1.833cc berpendingin cairan 6-silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan, menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya. Mesin ini mampu menghasilkan maksimum power 93 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4.500 rpm. Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

Tapi pabrikan mobil China, Great Wall Motor (GWM), tampaknya tidak setuju dengan konsep enam silinder itu. Menurut mereka, enam silinder itu "kurang gede"!

Dikabarkan Visordown, dikutip Jumat, 19 April, senjata rahasia GWM adalah mesin flat-eight 2000cc. Ya, delapan silinder berkonfigurasi flat alias boxer, mirip dengan mesin Gold Wing tapi dengan dua silinder tambahan. Peningkatan tenaga dan torsi pun bisa dipastikan lebih buas dibanding moge flagship Honda tersebut.

Belum puas sampai di situ, GWM juga menyematkan teknologi dual-overhead-camshaft (DOHC) pada mesin monster ini. Bandingkan dengan Gold Wing yang masih menggunakan single-overhead-camshaft (SOHC).

Untuk urusan handling, GWM sepertinya mengambil inspirasi dari Gold Wing. Penggunaan girder fork di depan dan rangka cast-aluminium membuat tampilan dan performa GWM ini mungkin tak akan jauh berbeda dari sang raja moge touring.

Selain motor turing, mesin flat-eight GWM juga dikabarkan akan hadir di motor cruiser mereka. Bocoran resminya? Belum ada. Tapi, penampakan motor turing GWM dalam kondisi semi-tertutup pernah terlihat di media sosial Wei Jianjun, pemilik GWM yang notabene adalah miliarder terkaya ke-13 di dunia.

Dengan image motor yang nyaris jadi final di media sosial sang pemilik, peluncuran resmi moge penantang Gold Wing dari GWM ini kemungkinan tinggal menunggu waktu saja. Namun yang jadi pertanyaan adalah nama motor ini. Pasalnya, GWM menggunakan brand berbeda untuk tiap lini kendaraannya. Ora untuk mobil listrik, Tank dan Haval untuk SUV.