Triumph Rocket 3 Storm 2024: Monster Inggris dengan Performa Lebih Gahar

JAKARTA - Pencinta motor cruiser yang buas dan bertenaga? Tunggu kedatangan Triumph Rocket 3 Storm 2024!

Triumph Rocket 3 Storm R dan GT rencananya akan tersedia mulai April 2024 dengan harga masing-masing 23.195 poundsterling (Rp463 juta) dan GT 23.895 poundsterling (Rp477 juta).

Dalam rilis pabrikan yang dikutip Selasa, 26 Maret, motor terbaru dari pabrikan Inggris ini hadir dalam dua varian: R dan GT. Keduanya menggendong mesin 3 silinder segaris berkapasitas 2.458cc yang sangar.

Rocket 3 Storm GT

Mesin ini, meski identik dengan generasi sebelumnya, kini mampu menghasilkan tenaga 180 HP, 15 HP lebih besar dibanding Rocket 3 standar. Torsinya pun meningkat 4 Nm menjadi 225 Nm.

Peningkatan performa ini diraih berkat pemahaman Triumph yang lebih baik terhadap mesin tersebut.

Tak hanya performanya yang melesat, konsumsi bahan bakar Rocket 3 Storm 2024 juga sedikit lebih irit, yaitu 42.58 km/liter, dan emisi CO2-nya berkurang menjadi 152 g/km.

Untuk urusan pengereman, motor ini dibekali cakram ganda 320mm di depan dengan kaliper Brembo Stylema serta cakram tunggal 300mm di belakang. Suspensinya menggunakan Showa yang bisa diatur sepenuhnya.

Dari segi tampilan, kedua varian Rocket 3 Storm 2024 ini didominasi warna hitam. Bodywork-nya two-tone, memadukan warna hitam dengan pilihan warna lain seperti merah, biru, dan hitam.

Lampu sein depan LED berbentuk segitiga dan lampu LED lainnya menambah kesan sangar pada motor ini.

Perbedaan utama antara varian R dan GT terletak pada ergonomi berkendara.

Rocket 3 Storm R memiliki setang yang lebih tinggi dan tegak, sementara setang GT lebih rendah dan menyapu ke belakang. Hal ini membuat posisi riding R lebih agresif, sedangkan GT lebih rileks.

Selain itu, tinggi jok motor R sedikit lebih tinggi (773 mm) dibanding GT (750 mm). Jok GT juga didesain lebih nyaman untuk perjalanan jauh, serta dilengkapi sandaran punggung untuk pembonceng.

Perbedaan terbesar ada pada footpeg. Footpeg R diposisikan di tengah, sementara GT lebih ke depan.