Bagikan:

JAKARTA - Pada akhir tahun 2022, Triumph Motorcycles mengumumkan bahwa mereka akan ikut serta dalam seri kejuaraan Monster Energy AMA Supercross dan AMA Pro Motocross pada tahun 2024. Namun motor yang akan disiapkan untuk kejuaraan ini masih misteri.

Pada Rabu, 29 November, Triumph akhirnya secara resmi merilis detail sepeda motocross baru mereka, TF 250-X.

8

Dari spesifikasinya di laman perusahaan diketahui jika TF 250-X membawa mesin 249,95cc dengan rangka aluminium dan suspensi KYB. TF 250-X juga dilengkapi dengan paket rem Brembo depan dan belakang, stang Pro Taper, dan pegangan ODI sebagai opsi standar.

Motor dengan berat basah yang cuma 104 kg ini dikembangkan bersama juara balap Ricky Carmichael dan Iván Cervantes, TF 250-X memiliki desain baru dari nol. Dengan gaya yang agresif, TF 250-X ini menawarkan tampilan minimalis dengan skema grafis khas Triumph Racing, Kuning dan Hitam.

Powertrain balap performa baru dari Triumph menjadikan TF 250-X ringkas dan super ringan, dengan piston aluminium tempa dan katup titanium. Mesin ini dilapisi dengan pelapis gesek rendah karbon serupa berlian, penutup magnesium ringan, dan kopling Exedy Belleville.

Sementara, manajemen mesin yang canggih dilengkapi dengan aplikasi MX Tune Pro opsional, memungkinkan pemetaan pengguna real-time dan dasbor sensor mesin real-time.

7

Dengan bingkai tulang punggung yang ringan dan kuat, TF 250-X menetapkan standar baru untuk rasio 'power-to-weight' terbaik dalam kelasnya. Suspensi KYB, sistem pengereman Brembo premium, dan komponen kelas atas menjadikan TF 250-X unggul dalam spesifikasi dan pantas diwaspadai para rival di kelas motocross 250cc yang kompetitif.

Motor ini akan hadir diler Triumph mulai musim semi 2024 dengan harga untuk satu unitnya 9.995 dolar AS atau kisaran Rp154,5 juta.