Bagikan:

JAKARTA – Triumph Motorcycles telah resmi meluncurkan motor trail terbarunya, TF 450-RC Edition, yang merupakan hasil kolaborasi dengan legenda motocross Amerika, Ricky Carmichael. Kehadiran motor ini tidak hanya sekadar inovasi, tapi juga wujud dari pengalaman dan wawasan sang legenda yang telah membawa perubahan besar di dunia motocross.

Pengembangan motor ini dilakukan dengan cermat oleh tim insinyur Triumph, dengan masukan langsung dari Carmichael. Menariknya, mantan juara dunia kelahiran 27 November 1979 tersebut telah terlibat dalam pengembangan motocross Triumph sejak 2021, menjadikan TF 450-RC sebagai salah satu motor paling dinantikan di kelasnya.

Chief Product Officer Triumph Steve Sargent, mengatakan bahwa TF 450-RC Edition menawarkan rasa berkendara yang berbeda sehingga menawarkan standar baru dalam kategori 450 cc.

“Motor ini menawarkan keseimbangan tenaga, presisi, dan daya tahan yang menetapkan standar baru di kelas motocross 450cc,” kata Sargent dalam laman resmi merek, Senin, 7 Oktober.

7

Hal yang spesial dari motor ini ialah desain warna yang mencolok dengan menggabungkan warna Performance Yellow disertai dengan aksen hitam dan putih. Selain itu, terdapat nomor “4” ikonik milik Carmichael serta beberapa detail sponsor utama yang menunjukkan sentuhan pribadi dari pembalap legendaris ini.

Motor tersebut didesain seperti halnya motocross sesungguhnya dengan diterapkannya papan nomor, stiker swingarm, dan elemen visual lainnya sehingga siap diturunkan dalam berbagai medan.

TF 450-RC Edition dibangun dengan sasis aluminium yang dirancang dalam memberikan keseimbangan sempurna antara kinerja, massa, dan fleksibilitas. Selain itu, rangka belakang dan desain dudukan ganda disetel menjadi lebih kuat namun berbobot ringan.

8

Sasis telah dioptimalkan untuk balapan dengan kekakuan longitudinal, lateral, dan torsional, memastikan performa terbaik dalam kondisi ekstrem. Hal ini memungkinkan pengendalian berbeda dan memberi kontrol yang tepat selama berkendara dengan intens.

Pabrikan memberikan suspensi koil KYB AOS pada TF 450-RC Edition yang berperan dalam penanganan guncangan ketika melewati gundukan. Ini dipasangkan dengan kejutan piggyback tiga arah yang memungkinkan penyesuaian pengaturan kompresi, rebound, dan preload.

Bagian pengereman dilengkapi dengan kaliper dari Brembo, memberikan respon yang optimal dengan disc dari Galfer yang menawarkan ketahanan berbeda. Motor ini dipasangkan dengan ban Dunlop Geomax MX34 yang terkenal tangguh dalam segala medan.

Motor ini ditenagai oleh mesin SOHC 450 cc silinder tunggal yang dirancang untuk balap, sehingga menghasilkan tenaga yang kuat namun dapat meminimalkan bobot. Dengan demikian, ini membantu pengendaraan yang lincah.

Motor spesial ini akan meluncur ke pasar mulai Februari 2025 mendatang dengan harga mulai dari 10.695 poundsterling (sekitar Rp219,9 juta) di Inggris.