Bagikan:

JAKARTA - Pada gelaran Japan Mobility Show (JMS) 2023 lalu, Toyota meramaikan dengan pamer sejumlah kendaraan konsep, salah satunya X-Van Gear Concept dan sepertinya mobil tersebut akan menjadi model produksi.

Dilansir dari Carscoops, Senin, 25 Maret, pabrikan melakukan pengajuan paten desain dari kendaraan ini pada Maret lalu. Langkah ini dilakukan oleh perusahaan agar desainnya tidak bisa ditiru oleh merek lainnya, meskipun belum menjadi jaminan apakah Toyota akan memproduksinya atau tidak.

3

X-Van Gear Concept mengusung bahasa desain kotak yang kaku, namun futuristik dengan pintu geser depan dan belakang. Lapisan plastik yang kokoh dipadukan dengan palet warna, mengingatkan pada FJ Cruiser. Secara keseluruhan, eksterior dari mobil ini menggabungkan unsur SUV dengan van.

Di bagian dalam, mobil ini mengusung konfigurasi tiga baris kursi yang dipasang pada rel di lantai memungkinkan kursi ini dapat digeser dan diatur ulang dengan mudahnya.

Toyota juga melakukan pendekatan unik pada mobil ini, hadirnya pintu tanpa pilar-B sehingga terciptalah ruang terbuka lebar yang dapat digunakan sebagai ruang santai untuk berkemah.

Mobil ini juga memiliki sejumlah fitur standar seperti lengkungan pelek berbentuk kotak, pilar A, B, dan D hitam dengan pilar C kontras, serta lampu DRL tipis terletak di atas lampu depan pixel.

Dengan diameter panjang 4.695 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.855 mm, X-Van Gear Concept memiliki ukuran yang sebanding dengan Voxy dan menjadi pertanyaan apakah mobil konsep ini akan meneruskan minivan tersebut atau hadir sebagai pengisi segmen baru.

Namun, semua ini masih rumor semata. Sepertinya publik akan mengetahui kabar apakah model ini memasuki fase produksi dalam beberapa waktu mendatang.