Triumph Meluncurkan Daytona 660, Tawarkan Kenyamanan Berkendara Dipadukan dengan Performa Agresif
Triumph Daytona 660. (Dok. Triumph Motorcycles)

Bagikan:

JAKARTA - Triumph, pabrikan sepeda motor kenamaan asal Inggris resmi meluncurkan motor terbaru Daytona 660.  Penempatan nama ‘Daytona’ adalah salah satu nama yang dekat dan disukai oleh para penggemar sportbike vintage.

Pabrikan dalam pernyataannya ingin para penggemar merasakan tenaga motor yang lebih besar. Ditambah, motor ini memiliki gaya yang lebih agresif dibandingkan dengan saudaranya, Trident 660.

8

“660 memiliki semua sikap dan kelincahan yang Anda harapkan dari nama Daytona, dan menghadirkan performa dunia nyata yang mendebarkan, dapat digunakan, serta kenyamanan sepanjang hari yang dicari pengendara saat ini. Kami sangat antusias dengan dampak Daytona 660 terhadap dunia sport kelas menengah yang sedang berkembang,” kata Steve Sargent, selaku Chief Product Officer Triumph, dalam laman perusahaan, Rabu, 10 Januari.

9

Daytona 660 memiliki desain yang khas dan lebih segar dan agresif. Motor ini diberi lampu depan LED kembar menggabungkan asupan udara sentral dan bodywork yang menekankan profil atletik, diakhiri dengan lampu belakang LED berkontur.

Pabrikan yang didirikan pada 1983 tersebut menawarkan sasis Daytona 660 dengan pengendalian sporty dan lincah dipadukan dengan kenyamanan berkendara. Motor ini disematkan suspensi garpu piston besar 41mm dan monoshock preload yang dapat disesuaikan dari Showa.

Sistem pengeremannya sendiri dibekali dengan radial empat piston cakram kembar 310 mm yang dilengkapi ban Power 6 dari Michelin.

Untuk performa, Triumph Daytona 660 diberi mesin berkapasitas 660 cc triple engine dengan tenaga mencapai 95 ps dan torsi puncak 69 Nm. Pabrikan mengklaim Daytona 660 memiliki tenaga 17 persen dan torsi 9 persen lebih dibandingkan Trident. Mendukung sisi performa, motor ini memiliki knalpot terbaru yang dapat mengeluarkan suara menggelegar.

Selain itu, kuda besi ini memiliki sistem Throttle ride-by-wire sehingga menghasilkan respons gas yang tajam dan presisi dengan dilengkapi tiga mode berkendara, yakni Sport, Road, dan Rain. Dihadirkan juga sistem kontrol traksi yang dapat diatur, sehingga pengendara dapat leluasa mengendarai kendaraan ini sesuai dengan keinginan.

9

Tampilan instrument multifungsi juga dihadirkan dengan layar TFT berwarna terhubung ke dalam layar LCD putih-hitam. Semua informasi pengendara ditampilkan dengan jelas dan mudah dibaca dalam kondisi cahaya berbeda. Unit rapi ini kompatibel dengan aksesori yang sesuai dengan My Triumph Connectivity System yang memudahkan navigasi belokan demi belokan ditambah interaksi telepon dan musik.

Motor ini akan dijual secara global di beberapa pasar. Di AS, motor ini akan dibanderol dengan harga mencapai 9.195 dolar AS atau setara Rp143 jutaan dan untuk Kanada dipatok 11.295 dolar AS atau sekitar Rp175,6 jutaan. Diharapkan model ini akan tiba di dealer Amerika Utara pada Maret 2024 mendatang.