Inilah 6 Tanda Kurma Sudah tidak Layak Konsumsi

YOGYAKARTA – Kurma adalah buah dengan cita rasa manis yang sering tersaji sebagai takjil atau hidangan awal buka puasa. Kurma sangat ideal sebagai menu berbuka puasa lantaran mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan mineral. Kurma juga mengandung kalori yang cukup untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa selama kira-kira 14 jam lamanya.

Meski mengandung banyak nutrisi dan sangat ideal dijadikan sebagai menu buka puasa, kualitas kurma dapat menurun sehingga tidak lagi layak dikonsumsi. Lantas, apa saja tanda kurma sudah tidak layak konsumsi? Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 14 Maret 2023, berikut informasi selengkapnya.

Tanda Kurma Sudah tidak Layak Konsumsi

1. Baunya tidak sedap

Kurma yang tidak layak konsumsi dapat dikenali lewat baunya. Kurma yang kualitasnya bagus memiliki bau manis seperti gula atau madu.

Akan tetapi, bila Anda mencium bau yang tidak sedap, menyengat, atau busuk, ini bisa menjadi tanda bahwa kurma sudah tidak layak dikonsumsi.

2. Kulitnya berubah warna

Tanda kurma tidak layak konsumsi yang berikutnya adalah lapisan terluarnya berubah warna atau berjamur.

Sedianya, permukaan kurma mempunyai lapisan luar yang terlihat seperti keriput. Lapisan tersebut bukanlah jamur, namun kandungan gula di dalam buah yang mengkristal dan keluar karena kurma kehilangan kelembapannya.

Meski begitu, bila Anda memerhatikan kurma sudah berjamur atau warna kulitnya menjadi lebih gelap, sebaiknya Anda tidak mengonsunsi kurma tersebut.

3. Ada serangga di dalamnya

Sebelum memakannya, cobalah untuk membuka kurma terlebih dahulu. Pasalnya, kurma organik yang tidak diberi pestisida berpotensi menarik serangga, laba-laba, dan cacing, yang biasanya bersarang di bagian dalam buah.

Umumnya, tanda kurma diserang hama adalah muncul bintik-bintik kecil berwarna coklat yang tampak seperti debu gergaji di permukaannya.

Agar tidak ikut termakan, pastika untuk membuka kurma terlebih dahulu sebelum benar-benar mengigitnya.

Akan tetapi, hal ini tidak berarti bahwa seluruh kurma yang beredar di pasaran kualitasnya jelek. Anda bisa membuang kurma yang mengandung serangga saja.

Selain itu, kurma juga dapat menarik lalat buah dan hama lainya bila tidak disimpan dengan benar di dalam rumah.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan tidak menyimpan kurma di dalam wadah atau kantong terbuka pada suhu ruangan. Simpan kurma di dalam wadah tertutup di dalam lemari es atau freezer.

4. Bagian luar kurma pecah-pecah dan bersisik

Asal tau saja, kurma segar dapat bertahan hingga enam bulan bila disimpan di lemari es dalam wadah tertutup dan tetap beku.

Selain itu, Anda juga dapat menyimpan kurma kering di dapur selama enam bulan dan bisa membekukan kurma hingga tiga tahun.

Kurma bisa bertahan dengan sangat lama ketika dikeringan karena berkurangnya air dan membuat kurma tidak mudah berjamur.

Akan tetapi, penting untuk mengetahui kapa kurma Anda membusuk. Bila bagian luaarnya pecah-pecah dan bersisik, serta bagian dalamnya sangat kering, kemungkinan besar kurma Anda sudah kadaluarsa dan tidak layak untuk dikonsumsi.

5.  Lengket dan berlendir

Tanda kurma sudah tidak layak konsumsi yang selanjutnya adalah saat kurma menjadi lengket dan berlendir.  Bila dikombinasikan dengan ciri kurma busuk lainnya, menyantapnya bukanlah ide yang baik.

6. Rasanya berubah

Rasa buah kurma, sama halnya dengan kualitasnya, dapat menurun seiring waktu. Kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi memiliki rasa pahit atau asam. Jika rasanya sudah sangat berubahm buanglah sisa kurma yang berada di kemasannya.

Demikian informasi tentang tanda kurma sudah tidak layak konsumsi. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.