5 Jenis Kurma Terbaik di Dunia, Tawarkan Rasa Khas yang Berbeda
jenis kurma terbaik di dunia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Buah kurma selalu dicari banyak orang Indonesia ketika mendekati Ramadan atau bulan puasa. Buah berasa manis ini sering dijadikan kudapan untuk berbuka maupun di kala sahur. Ada banyak varietas kurma yang dijual di pasaran dan bisa dipilih sesuai selera. Menarik untuk disimak apa saja jenis kurma terbaik di dunia.

Ada sebanyak 37 negara yang dikenal sebagai produsen buah kurma. Per tahun 2021, Mesir menduduki peringkat pertama sebagai negara produsen kurma terbesar di dunia. Setiap negara penghasil kurma memiliki varietas atau jenis kurma unggulannya masing-masing. 

Setiap varietas kurma memiliki kekhasan yang berbeda-beda, mulai dari warna, rasa, hingga bentuknya. Lantas apa saja jenis kurma terbaik di dunia dijual dengan harga cukup mahal?

Jenis Kurma Terbaik di Dunia

Kurma menjadi buah yang digemari banyak orang karena mengandung nutrisi yang beragam. Dalam buah kurma terdapat kandungan selenium, tembaga, mangan, dan magnesium. Berbagai nutrisi tersebut bermanfaat bagi bagi kesehatan tubuh. Di samping itu, ada beberapa varietas kurma yang terkenal sebagai kurma terbaik. 

Berikut ini beberapa jenis kurma terbaik di dunia yang diburu oleh banyak orang:

Medjool

Salah satu jenis kurma terbaik yang menjadi incaran banyak orang adalah Medjool. Kurma ini pertama kali dibudidayakan di Talifalt, Maroko. Jenis kurma ini banyak ditanam di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara. Israel menjadi negara produsen sekaligus eksportir utama jenis kurma ini.

Kurma ini memiliki rasa yang khas dan lezat mirip dengan karamel. Kurma jenis ini juga memiliki tekstur yang lebih kenyal sehingga banyak diminati. Selain itu, buah ini juga dikenal kaya serat, potasium, dan antioksidan. Tak hanya lebih manis, kurma ini juga berukuran lebih besar dibandingkan varietas lain.

Deglet Nour

Deglet Nour juga menjadi jenis kurma terbaik di dunia. Kurma berukuran sedikit lebih kecil ini berasal dari Aljazair. Jenis kurma ini banyak dikonsumsi di daerah Afrika Utara. Kurma ini berwarna sedikit kekuningan dan warna dagingnya hampir bening.

Kurma Deglet Nour menawarkan rasa yang manis, namun ada sedikit pedas. Kurma ini bertekstur seperti karamel. Kurma jenis ini banyak dibudidayakan di Israel dan Amerika Serikat. Deglet nour tak hanya dijadikan sebagai kudapan, namun juga kerap digunakan sebagai campuran salad dan kue kering.

Kurma Mazafati

Jenis kurma berkualitas terbaik lainnya adalah kurma Mazafati. Kurma yang berasal dari Iran ini sudah sangat terkenal karena memiliki rasa yang manis, lembut, dan teksturnya yang kenyal. Kurma Mazafati banyak ditanam di daerah selatan Iran, dengan wilayah Bam sebagai produsen dan eksportir terbesar. 

Kurma Mazafati memiliki ukuran sedang dan berwarna gelap. Kurma ini sering dikonsumsi dalam kondisi segar. Buah kurma ini cocok untuk dimakan sebagai camilan atau dikombinasikan dengan kacang-kacangan, keju, yogurt, dan oatmeal.

Kurma Siwa

Kurma Siwa juga masuk jajaran kurma terbaik di dunia. Jenis kurma ini berasal dari Mesir Barat, di mana selama 3 ribu tahun para petani di Oasis Siwa memanfaatkan air di gurun untuk menanam pohonnya. Ada tiga varietas terpenting dari jenis kurma ini, yaitu Siwi, Azzawi, dan Frehi. Di samping itu, ada tiga varietas yang diproduksi dalam jumlah kecil dan mendekati punah seperti Takdat, Ghazaal, dan Amnzou.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa berasal dari Madinah, Arab Saudi dan merupakan varietas kurma terkenal. Kurma ini memiliki warna cokelat tua hingga hampir hitam. Tekstur kurma ini sedikit kering, lembut, dan kenyal. Dari segi rasa, kurma ini terasa seperti buah plum serta manis dengan sedikit rasa kayu manis, madu, dan karamel.

Kurma Ajwa dikenal kaya akan protein, serat, lemak sehat, dan vitamin seperti A, C, B6 E, dan K. Buah kurma ini dianjurkan untuk konsumsi selama dan setelah kehamilan yang bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah ibu dan bayi.

Demikianlah beberapa jenis kurma terbaik di dunia yang terkenal akan rasanya yang khas dan kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan. Baca juga berapa batas makan kurma per hari

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.