Apple Memodifikasi Proposal untuk Mematuhi Aturan Teknologi EU Setelah Kritik dari Pengembang Aplikasi

JAKARTA - Apple telah memodifikasi beberapa dari proposalnya untuk mematuhi aturan teknologi EU yang bersejarah setelah kritik dari para pengembang aplikasi. Hal ini termasuk menarik permintaan bahwa mereka yang ingin membuat pasar aplikasi alternatif harus memiliki surat kredit berjaga-jaga.

Perusahaan tersebut dan lima raksasa teknologi lainnya harus mematuhi Undang-Undang Pasar Digital (DMA) sebelum tanggal 7 Maret, yang menetapkan daftar hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk mengendalikan kekuatan mereka dan menciptakan lapangan bermain yang adil bagi pesaing serta lebih banyak pilihan untuk pengguna.

Apple telah mengumumkan proposal pada Januari lalu yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mendistribusikan aplikasi mereka kepada pengguna di Uni Eropa di luar App Store milik Apple, serta biaya dan kondisi baru.

Pembuat iPhone ini mengatakan satu perubahan sekarang akan memungkinkan pengembang untuk mendaftar ke persyaratan baru yang diumumkan dua bulan yang lalu di tingkat akun pengembang.

"Kami telah menghapus persyaratan badan korporasi bahwa Addendum harus ditandatangani oleh setiap keanggotaan yang mengendalikan, dikendalikan oleh, atau berada di bawah kendali dengan keanggotaan lainnya," kata Apple di situs webnya pada Selasa malam, 5 Maret.

Perusahaan tersebut juga membuat opsi satu kali bagi pengembang untuk mengakhiri Addendum dalam keadaan tertentu dan beralih kembali ke syarat-syarat bisnis standar Apple untuk aplikasi mereka di UE.

Terakhir, Apple menghapus permintaan surat kredit dari pengembang yang ingin membuat pasar aplikasi pesaing dan memperkenalkan dua kriteria kelayakan.

"Seorang pengembang dapat mengoperasikan pasar aplikasi alternatif jika akun mereka telah berada selama dua tahun dan mereka memiliki bisnis aplikasi yang mapan di UE dengan lebih dari 1 juta Instalasi Tahunan Pertama," kata Apple.