Mercedes-Benz Umumkan Perangkat Pengisian Daya di Rumah Terbaru untuk EV dan PHEV

JAKARTA - Mercedes-Benz merupakan salah satu produsen mobil mewah terkemuka di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir merek tersebut telah menerapkan bahasa desain dan pengetahuan teknologinya pada kendaraan listrik di bawah lini EQ. 

Mendukung transisi menuju keberlanjutan, Mercedes juga telah mengembangkan dan mulai menerapkan ekosistem pengisian daya global, yang saat ini terdiri dari 100.000 pengisian daya EV di AS saja. Bahkan November lalu, pembuat mobil Jerman ini membuka Charging Hub bermerek pertamanya di Amerika Utara dekat kantor pusatnya di AS di luar Atlanta.

Mengutip dari laman Mercedes USA, Rabu, 6 Maret, perusahaan mengumumkan pengisi daya Wallbox terbaru untuk dipakai di rumah yang kini tersedia secara luas di AS dan dapat menjadi milik pengguna secara gratis, tapi tergantung model mobil mana yang dibeli. 

Pabrikan tersebut membagikan detail wallbox tersebut, di mana dapat terhubung ke internet dan memungkinkan pemilik kendaraan listrik mengakses, memantau, dan mengontrolnya dari jarak jauh dari mana saja menggunakan ponsel cerdas.

Selain mengontrol sesi pengisian daya, pengguna dapat memperkirakan biaya pengisian daya di rumah berdasarkan energi yang dikonsumsi pada tingkat tertentu dari jaringan lokal. Produsen mobil tersebut menyampaikan bahwa pengisi daya Level 2 yang baru juga dapat menerima pembaruan perangkat lunak OTA, memungkinkan adanya fitur tambahan di masa mendatang.

Berdasarkan keterangan Mercedes juga, unit Wallbox beroperasi pada sirkuit terpisah 240V dan dapat menyalurkan daya hingga 11,5 kW, sekitar 8 kali lebih cepat dibandingkan pengisian daya menggunakan stop kontak 110V konvensional. 

Pengisi daya Wallbox baru ini tersedia di dealer Mercedes-Benz dan memerlukan pemasangan profesional. Bagi pelanggan yang membeli model tahun 2023 EQE atau EQS (semua varian) berhak mendapatkan unit Wallbox gratis.