Bagikan:

JAKARTA - Toyota bZ4X telah menandai debut penjualan di pasar global pada pertengahan 2022 lalu. Namun, mobil bergaya SUV tersebut belum mendapatkan varian sporty hingga saat ini.

Menjawab hal tersebut, pihak pabrikan mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan model ini dengan mengusung lencana ‘GR’ yang lebih fokus pada kemampuan melintas medan off-road.

Masaya Uchiyama, selaku Chief Engineer bZ4X, mengatakan bahwa pihaknya memiliki tiga opsi turunan dari model ini, yakni versi termurah, hot hatch GR, dan model berlencana GR Sport dengan memiliki kemampuan berjalan di lintasan segala medan dan ia memilih pilihan terakhir.

“Mungkin bZ4X GR Sport seperti Hilux GR Sport. Kami sedang mempelajari modelnya, tapi saya tidak bisa mengatakan kapan atau bagaimana saat ini,” kata Uchiyama dikutip dari CarBuzz, Rabu, 6 Maret.

Kemungkinan versi dari GR Sport tidak akan mengalami perubahan yang signifikan, namun kemampuan berjalan di lintasan ekstrem akan ditingkatkan dengan sasis lebih tangguh, motor sedikit lebih bertenaga, serta pembaruan kosmetik khas GR pada sebagian bodi.

Tentu bukanlah hal yang rumit bagi Toyota dalam mengembangkan produk ini. Terlebih lagi, platform e-TNGA mereka terbukti memiliki fleksibilitas pada kendaraan listrik apapun performanya, salah satu contohnya ialah Lexus RZ F akan segera hadir di pasaran dengan lebih bertenaga.

Uchiyama juga menambahkan, ia yakin bahwa bZ4X berkemampuan off-road tersebut akan lebih baik dari Land Cruiser Prado dengan penyaluran torsi yang lebih instan dari motor listrik.

“Di jalur off-road tingkat medium, pengguna bisa merasakan ketenangan dibandingkan Prado dan dapat berkendara dengan mudah,” pungkas Uchiyama.